Ini Rencana Besar Pemkot Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Pontianak

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Menghadiri Syukuran HUT Satuan Lalu Lintas ke-62 Yang Digelar Satlantas Polresta Kota Pontianak (Foto: Ist)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Menghadiri Syukuran HUT Satuan Lalu Lintas ke-62 Yang Digelar Satlantas Polresta Kota Pontianak (Foto: Ist)

Edi Sebut Pemkot Tengah Upayakan Outer Ring Road Dapat Cepat Terealisasi

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, mengucapkan selamat HUT Satuan Lalu Lintas ke-62 tahun 2017 ini.

“Atas nama Pemerintah Kota Pontianak saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-62 jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Kota Pontianak,” ujarnya saat menghadiri Syukuran HUT Satuan Lalu Lintas ke-62 yang digelar Satlantas Polresta Kota Pontianak.

Dirinya mengakui bahwa Pemkot Pontianak sangat intens melakukan koordinasi dengan pihak Polresta dalam hal rekayasa lalu lintas di Kota Pontianak dalam penangan lalu lintas.

“Sebagaimana yang kita ketahui sekarang ini dengan pertambahan penduduk dan kendaraan yang cukup tinggi ini mempengaruhi volume kendaraan-kendaraan yang ada di Kota Pontianak,” tuturnya.

Menurut orang nomor dua di Kota Pontianak ini, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengatasi masalah lalu lintas yang semakin hari semakin bertambah seiring pertumbuhan kendaraan semakin tinggi.

Adapun upaya yang dilakukan antara lain adalah berupaya untuk melebarkan jalan, meningkatkan kualitas infrastruktur, membangun jalan baru, termasuk jalan paralel.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan percepatan pembangunan Jembatan Paralel Landak dan Kapuas I.

“Kita juga upayakan mudah-mudahan Outer ring road bisa cepat terealisasi, karena ini juga salah satu solusi untuk mengurai kemacetan kendaraan. Jalan-jalan lingkungan kita lebarkan dan perbaiki sehingga nanti semua jalan terkoneksi dengan bagus sehingga jalur kendaraan bisa terpecah atau terbagi,” paparnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengkaji sistem transportasi Kota Pontianak yang merupakan program jangka menengah dan jangka panjang.

Edi berharap apabila semuanya dapat direalisasikan maka permasalahan lalu lintas di Kota Pontianak dapat teratasi.

“Kan salah satu upaya untuk mengatasi kemacetan itu selain dengan meningkatkan pelebaran dan geometrik jalannya, membatasi kendaraan yang lewat, terus membuat satu arah misalnya, terus marka jalan, traffic light dan banyak hal-hal lain juga. Pengaturan, penataan lahan parkir, termasuk pusat-pusat kegiatan,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar