Gelar Nobar Film Pengkhianatan G 30 S/PKI, Ini Penjelasan Dandim 1205/Sintang

Dandim 1205 Stg, Letkol Inf Marsana (Foto: Ist)
Dandim 1205 Stg, Letkol Inf Marsana (Foto: Ist)

Ingatkan Kembali Sejarah Kelam Indonesia Kepada Generasi Muda

KalbarOnline, Sintang – Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Marsana menegaskan pemutaran film pengkhianatan G 30 S/PKI merupakan instruksi dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Dandim menegaskan tidak ada maksud lain dari pemutaran film yang ditulis dan disutradarai oleh Arifin C Noer tersebut.

“Tidak ada maksud lain. Pemutaran film G 30 S/PKI sesuai dengan instruksi Panglima TNI,” ujarnya.

Pemutaran film yang diproduksi pada tahun 1984 silam ini, bertujuan mengingatkan kembali sejarah masa lampau Indonesia terkait tragedi G30S yang menjadi catatan kelam bangsa bagi para generasi muda.

Kodim memberi kesempatan bagi masyarakat yang ingin menonton dan mengetahui film ini.

“Jika masyarakat ingin mengetahui sejarah. Kodim 1205/Sintang bisa memfasilitasi, jika ada masyarakat yang ingin meminta pemutaran film G 30 S/PKI di lingkungan Rukun Warga (RW) atau Rukun Tetangga (RT). Kaset CD-nya tersedia di Kodim,” katanya.

Tidak hanya itu, Kodim juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang ingin meminta file film pengkhianatan G 30 S/PKI.

“Silahkan datang ke Kodim Sintang. Kami siap membagi file-nya,” tegasnya.

Pemutaran film diawali oleh Makodim dan Koramil jajaran pada Rabu (20/9/2017) malam. Pemutaran film dijadwalkan mulai tanggal 20-30 September 2017.

Pemutaran film dilaksanakan di 19 Kantor Koramil jajaran yang berada di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi.

Tidak hanya jajaran Makodim dan Koramil, pemutaran film juga disaksikan masyarakat.

“Jika masyarakat dan generasi muda ingin melaksanakan nonton bareng. Kami siap memfasilitasi. Mau di terminal, gedung dan lokasi lainnya bisa,” pungkasnya. (Sg)

Tinggalkan Komentar