Jelang Pilkada, Sutarmidji Tegaskan Disdukcapil Telah Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menegaskan, Disdukcapil Pontianak telah melakukan pemutakhiran data penduduk menjelang Pilkada serentak.

“Kalau Dukcapil Pontianak Insha Allah, akan terus melakukan pemutakhiran data dan sekarang kalau e-KTP saat Pilkada perekaman dan pencetakan akan selesai dengan syarat blanko tersedia semua,” ujarnya.

Dirinya menegaskan apabila blanko tersedia dan mesin tidak rusak maka semuanya akan berjalan dengan baik.

“Kemarin, Pak Dirjen Kependudukan menjamin kalau ketersediaan blanko cukup dan kita minta untuk Pontianak sesuai dengan jumlah yang telah merekam dan prediksi jumlah penduduk yang sudah masuk wajib e-KTP,” terangnya.

Baca Juga :  PUPR Kalbar Target Tuntaskan Jalan Siduk-Sukadana

Dirinya juga meyakini Pilkada di Pontianak berbasis e-KTP, dan ia sebut 99 persen Kota Pontianak siap.

“Sejauh ini untuk pencetakan yang belum ada bulan Mei atau Juni. Maka artinya yang belum dicetak tinggal perekaman yang beberapa bulan terakhir saja,” paparnya.

Namun ada juga yang sudah merekan lama e-KTPnya tidak jadi, karena datanya tidak bisa ditarik dari server pusat.

Baca Juga :  Kampanye Dialogis di Radak, Karolin Tawarkan Program Pertanian Yang Pro-Rakyat

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini meminta instansi terkait berkoordinasi dengan pusat, apakah mereka ini melakukan perekaman ulang atau bagaimana.

“Update terakhir ini ada 1000 lebih yang telah merekam, namun datanya tidak ada dipusat dan tidak bisa ditarik untuk dicetak. Maka solusinya adalah harus cetak ulang. E-KTP itu berlaku seumur hidup, dan saya minta kalau ada petugas yang meminta uang jangan pernah berikan sepeserpun,” tandasnya. (Fai)

Comment