Jelang Pilkada, Disdukcapil Pontianak Terus Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Ilustrasi e-KTP (Foto: Ist)
Ilustrasi e-KTP (Foto: Ist)

Siap Sukseskan Pelaksanaan Pilkada

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak mulai mempersiapkan sejumlah tahapan jelang pelaksanaan pilkada serentak, diantaranya mengenai pemutakhiran data.

“Untuk sementara untuk pemuktahiran data penduduk sedang berlangsung, hasil verifikasi daftar pemilih tetap sementara, tapi belum ditetapkan 467.000 jiwa, data ini belum final karena kalau ada perekaman akan kita beri surat kependudukan itu dan itu juga telah dihitung,” kata Kepala Disdukcapil Kota Pontianak, Suparma, belum lama ini.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Dukcapil Kota Pontianak terus melakukan pemuktahiran data penduduk untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak 2018-2023 mendatang.

Data yang ada masih mungkin bertambah karena batas akhir pemuktahiran sampai 31 Desember 2017.

Namun demikian, dalam rapat koordinasi dengan pusat, data yang dipakai hanya satu. Artinya e-KTP, dan surat keterangan akan dihitung satu. Makanya di kabupaten/kota melaksanakan verifikasi untuk menyatukan hitungan tersebut.

“Yang jelas kita terus koordinasi dengan KPU. Insya allah minggu depan ada rapat teknis dengan pelaksanaan follow up regulasi kebijakan pusat,” tuturnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Soal jumlah data pasti, Suparma mengatakan diperkirakan ada penambahan dua sampai tiga ribu penduduk, hingga akhir Desember nanti. Alasannya, bisa saja ada penambahan penduduk yang memiliki hak pilih karena pertambahan usia.

“Makanya pemuktahiran dan verifikasi. Perkiraan nanti jumlah tidak jauh dari itu, paling tambah sekitar dua atau tiga ribu. Ini belum dibangsi dengan yang meninggal dunia. Sehingga tidak ada undangan ganda hingga orang mau coblos dihitung ganda. Tapi untuk tahun ini kita lebih spesifik soal kematian, perpindahan penduduk dan lainnya,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar