Edi : Jadikan Olahraga sebagai Gaya Hidup

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Memimpin Upacara Peringatan Haornas 2017 (Foto: Jim Hms)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Saat Memimpin Upacara Peringatan Haornas 2017 (Foto: Jim Hms)

Upacara Peringatan Haornas 2017

KalbarOnline, Pontianak – Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat menjadikan olahraga sebagai budaya atau gaya hidup sehari-hari.

Sebab tanpa disadari, olahraga menjadi bagian penting seiring dengan pola hidup yang mungkin banyak melakukan aktivitas bekerja, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak yang menghabiskan waktunya bekerja di dalam ruangan.

Terlebih hampir seluruh ruangan kerja dilengkapi air conditioner (AC).

“Melalui peringatan Hari Olahraga Nasional ini saya mengajak semua rutin berolahraga. Minimal sebulan sekali atau dua kali kita adakan olahraga di lingkungan Pemkot seperti senam,” ujar Edi saat memberikan sambutan pada Upacara Peringatan Haornas di halaman parkir Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (22/9).

Diakuinya, olahraga menjadi satu-satunya aktvitas yang membuat tubuh sehat dan bugar. Banyak pilihan jenis olahraga, tergantung masing-masing ingin memilih olahraga apa yang cocok buat dirinya.

“Yang paling sederhana dan murah adalah jalan kaki dan jogging, lakukan itu secara rutin,” saran Edi.

Seiring dengan perkembangan zaman, di mana teknologi serba canggih, pola hidup anak-anak pun tak lagi seperti era sebelumnya. Era di bawah tahun 90-an, di mana gadget masih menjadi barang yang mewah sehingga tidak seluruh orang memilikinya sehingga banyak anak-anak yang melakukan aktvitas bermain di luar rumah dengan melakukan gerak.

“Pola hidup anak-anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadgetnya, baik itu laptop, komputer maupun smartphonenya. Jadi lebih banyak duduk dari pada berjalan atau bergerak,” ucapnya.

Dengan pola hidup seperti itu, lanjut Edi, tidak sedikit usia muda yang sudah mengidap berbagai jenis penyakit, terutama penyakit yang berkaitan dengan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan sebagainya. Karenanya, ia mengajak para orang tua untuk membiasakan anak-anak mereka berolahraga sebagai penyeimbangnya.

“Para orang tua jangan biarkan anak-anak berlama-lama sibuk dengan gadgetnya, ajak mereka berolahraga minimal seminggu sekali atau dua kali,” pesannya.

Edi mengimbau seluruh ASN di lingkungan Pemkot Pontianak rutin memeriksakan diri untuk mengetahui kesehatannya di laboratorium kesehatan yang dimiliki Pemkot di Jalan Johar. Minimal tiga bulan sekali ASN memeriksakan kesehatannya.

“Tujuannya untuk deteksi dini mengetahui kesehatan kita. Itu penting supaya kita bisa mengontrol pola makan dan menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Tinggalkan Komentar