Sutarmidji Ajak Masyarakat Memasyarakatkan Salam Islami

Ribuan Peserta Ikut Pawai Akbar Tahun Baru Islam

KalbarOnline, Pontianak – Ribuan peserta pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah tumpah ruah di halaman Masjid Raya Mujahidin, Kamis (21/9). Sedikitnya 9.264 peserta pawai jalan kaki dan 43 kendaraan hias dengan berbagai kreasi berornamen Islami menambah semarak pawai yang rutin digelar setiap tahun baru Islam. Pawai dilepas Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

Sebelum melepas peserta pawai, orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengajak seluruh umat muslim membiasakan diri mengucap salam saat bertemu dan menyapa.

Baca Juga :  Panwascam Lantik Pengawas Desa se – Kecamatan Sekadau Hilir

“Alhamdulillah tahun ini sangat meriah, dan saya mengajak kepada seluruh umat Islam untuk lebih  memasyarakatkan salam. Karena dengan memasyarakatkan salam dan setiap bertemu saling mengucapkan salam bisa menghindari hal-hal yang tidak nyaman,” ajaknya.

Menurutnya, ucapan salam juga menjadi penyejuk dan kunci untuk mempererat tali persaudaraan umat. Ia berharap hari besar Islam maupun penyambutan tahun baru Islam lebih meriah lagi.

“Saat ini banyak diikuti pelajar, ke depan kita akan ajak semua kalangan masyarakat yang ikut, selain itu para komunitas juga,” kata Midji.

Baca Juga :  Sudah Sembilan Kasus Konfirmasi Covid-19 dari Klaster Munzalan dan Menyebar Hingga ke Sintang

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Raihan menambahkan peringatan ini diharap bisa menyebarluaskan lambang-lambang islam. Contohnya, islam diwajibkan salat, di mana ibadah itu bisa dilakukan di masjid. Selain itu juga dengan salam.

“Atau dengan salam, gunakan lambang islam dengan assalamualaikum. Harapan ke depan, sebagai umat islam kita mulai menghidupkan suasana islami dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Comment