Serahkan Bantuan Bibit Lele, Bupati Dorong Produksi Makanan Siap Saji Dari Ikan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan bantuan berupa bibit ikan jenis ikan lele yang merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten Sintang kepada Kelompok Usaha Maju Bersama dan Kelompok Usaha Menyumbung Tengah, secara simbolis di Halaman Depan Puskesmas Dara Juanti, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Sabtu (16/9) lalu.

Bupati mengungkapkan bahwa kegiatan penyerahan bibit ikan ini merupakan salah satu wujud Pemerintah Kabupaten Sintang dalam rangka mensejahterakan masyarakat terutama untuk di bidang usaha perikanan.

Dalam hal ini, menurut Bupati perlu dikembangkan usaha dari bahan baku ikan bahkan sangat perlu ditingkatkan dalam olahan dari bahan baku ikan untuk menjadi barang siap saji, seperti abon lele dan dapat dikembangkan menjadi nilai tambah karena pemasaran mudah dan permintaan akan meningkat.

Baca Juga :  Wabup Askiman Buka Jemelak Expo 2019, Ini Harapannya

“Karena dalam ekonomi perdesaan ada sektor hilir yang merupakan tempat penjualan produksi dari bahan baku ikan,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Zulkarnaen mengatakan penyerahan bantuan Pemerintah Kabupaten Sintang berupa bibit ikan kepada kelompok-kelompok usaha budidaya ikan sebanyak 15 ribu ekor bibit ikan lele dan juga pakan ikan sebanyak 1,2 ton, hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang memperhatikan secara baik untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

Bibit ikan tersebut, lanjut Zulkarnaen, akan dibudidayakan ke dalam keramba atau tempat penyimpanan ikan sebanyak 10 keramba, dan masing-masing setiap keramba akan di isi sebanyak 1,500 ekor bibit ikan.

Baca Juga :  Kapolres Ketapang Ungkap Identitas dan Kronologi Penemuan Mayat Wanita Mengapung di Sungai Pawan

Zulkarnaen menambahkan bahwa untuk di Kabupaten Sintang ada empat kelurahan yang bakal mendapat bantuan dalam budidaya ikan air tawar, sejauh ini baru dua kelurahan yang mendapatkan bantuan bibit ikan.

“Ini merupakan keutamaan dan keseriusan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang dalam setiap pembudidayaan ikan, diharapkan dapat diawasi oleh PPL dan penyuluh memberikan bimbingan kepada setiap kelompok budidaya ikan, agar hasilnya dapat tercapai produksi pangan ikan yang tinggi dan budidaya ikan ini juga akan terus berlanjut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam halnya mengkonsumsi ikan,” pungkas Zulkarnaen. (Sg/Hms)

Comment