Sebagai Kota Laboratorium Inovasi, Pontianak Sering Dijadikan Tujuan Studi Tiru

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji dan Ilustrasi Pelayanan Publik (Foto: MD Group)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji dan Ilustrasi Pelayanan Publik (Foto: MD Group)

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menerima kunjungan 20 peserta Diklatpim III Provinsi Kalimantan Tengah untuk studi lapangan.

“Mereka studi lapangan, dalam rangka Diklatpim III, yang artinya mereka ini adalah pejabat eselon 3 di Kalteng,” ungkapnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Para peserta Diklatpim ini ingin mengenal lebih jauh dan menggali mengenai sistem pelayanan publik dan inovasi yang ada di Kota Pontianak.

Seperti diketahui, Kota Pontianak memang telah ditetapkan sebagai kota dengan layanan publik terbaik dari Ombudsman dan resmi menyandang sebagai kota laboratorium inovasi di Indonesia, sehingga membuat Kota Pontianak banyak mendapat kunjungan daerah lainnya untuk melakukan studi tiru.

“Mereka juga ingin mengetahui mengenai sistem Rumah Sakit Kota Pontianak yang tanpa kelas dan mengenai layanan publik lainnya,” terangnya.

Dengan kunjungan ini, orang nomor satu di Kota Pontianak ini berharap ada hal yang dapat diambil dari paparannya. Sebaliknya demikian, Pontianak mungkin ada yang bisa diambil dari paparan yang disampaikan oleh para peserta dan pemimpin rombongan Diklatpim III Kalteng tersebut.

Dengan begitu tujuan bersama adalah bagaimana pelayanan publik di Kalimantan tidak kalah dengan yang ada di Jawa dan daerah lainnya.

Bahkan Layanan ASN Kalimantan bisa jauh lebih baik dari daerah lainnnya. Tujuan akhirnya apabila ibu kota dipindah di Kalimantan, mau di Kalimantan manapun sudah siap dan mampu, tinggal infrastruktur yang menjadi perhatian.

“Dari pertanyaan yang mereka sampaikan memang ada yang harus dipelajari bersama untuk kemajuan bersama,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar