Resmikan Gedung CU Usaha Kita Sepauk, Bupati Harap Keberadaan Koperasi Dapat Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Peresmian Gedung CU Usaha Kita Sepauk (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Peresmian Gedung CU Usaha Kita Sepauk (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, bersama Anggota DPRD Sintang, Komisi B, Kusnadi, meresmikan gedung tempat pelayanan ‘Manis Raya’ Koperasi Kredit (CU) Usaha Kita di SP 1 SKPH Sepauk Sintang, Minggu (10/9).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa kegiatan seperti CU ini merupakan usaha bersama yang dilaksanakan dalam asas kekeluargaan. Tentunya keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat. Pemerintah telah melakukan launching tahapan reformasi koperasi.

Di Sintang ada 300 koperasi, 98 diantaranya sudah tidak aktif. Dalam 3 tahun tidak ada aktivitas. Ada 10 koperasi lagi yang sedang dalam proses pewarnaan. Ini hasil dari proses identifikasi yang telah dilakukan oleh Pemda.

“Yang masih aktif kita terus bina, tahun ini karena kita serius mau mengurus koperasi Pemda Sintang tahun 2017 menerima penghargaan dari kementerian koperasi RI. Kalau tempat sudah bagus seperti ini mutu layanan pun pasti bagus. Saya himbau kepada masyarakat, percayalah pada kegiatan koperasi karena ini merupakan mitra binaan pemerintah. Kedepannya semoga dapat semakin berkembang,” tukas Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada pengurus agar memberdayakan seluruh anggota. Agar dapat diarahkan untuk pengambilan kredit yang produktif. Kepada para anggota, berdayakan diri dan berhitunglah dengan baik saat mengambil kredit di CU, sehingga koperasi dapat berjalan sehat.

Bupati Sintang mengingatkan bahwa dalam situasi ekonomi menurun, usaha kecil menengah mikro tidak akan terganggu tetap buka usaha tetap produktif dan kreatif. Dirinya berharap supaya keberadaan layanan koperasi seperti CU ini bisa menaikkan taraf hidup masyarakat sehingga semakin hari jadi semakin sejahtera.

Ketua Pengurus CU Usaha Kita, Lukas dalam laporannya mengatakan bahwa kantor TP Manis Raya CU Usaha Kita telah memiliki aset sebesar Rp6 miliar dengan lebih dari 800 anggota. CU Usaha Kita sudah berdiri sejak tahun 1989. Pembangunan dan kepemilikan gedung milik CU ini diusahakan secara swakelola.

Peresmian tersebut ditandai dengan Pengguntingan pita oleh Camat Sepauk, Cinghan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan penandatanganan berita acara peresmian oleh para pengurus dan pejabat daerah yang hadir.

Bupati juga melakukan peninjauan ruang kantor TP Manis Raya.

Turut hadir pimpinan forkopimda, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Juga hadir para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat di Sepauk Sintang. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar