Pimpin Upacara Peringatan Haornas 2017 di Sintang, Bupati Tegaskan ‘Olahraga Menyatukan Kita’

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Foto Bersama, Usai Memimpin Upacara Peringatan Haornas 2017 di Stadion Baning Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Foto Bersama, Usai Memimpin Upacara Peringatan Haornas 2017 di Stadion Baning Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno bersama Sekretaris Daerah, Dra Yosepha Hasnah, M.Si menghadiri upacara peringatan Hari Olahraga Nasional ke-34 tingkat provinsi Kalimantan Barat di Stadion Sintang, Sabtu (9/9).

Pada kesempatan tersebut, Bupati membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi. Disebutkan bahwa mengikuti instruksi presiden tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian olahraga meluncurkan gerakan ‘Ayo olahraga’.

“Ada tiga kegiatan utama yang difasilitasi kepada masyarakat, yakni gowes pesona Nusantara, gala desa dan liga sepakbola pelajar berjenjang,” ujar Bupati Jarot.

“Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar mau bergerak, terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga menjadikan olahraga sebagai gaya hidup,” timpalnya.

Menurut Bupati, budaya olahraga tidak dapat tumbuh secara instan, tetapi melalui proses berjenjang. Dapat dimulai dari lingkungan terkecil di rumah. Kemudian di lingkungan RT lalu ke tingkat desa, kecamatan sampai ke tingkat internasional.

Didalam tema ‘olahraga menyatukan kita’, terkandung makna bahwa melalui olahraga tumbuh kembali semangat cinta tanah air, cinta budaya bangsa, yang menyatukan jiwa dan semangat kebangsaan. Berolahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan dan kerjasama, fair play serta rasa saling menghargai dan menghormati.

“Olahraga itu sesuatu yang menyatukan seluruh masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras. Kita ingin menggalakkan kembali semboyan lama, olahraga untuk masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” tegasnya.

Lebih dari 500 orang pelajar di Kota Sintang menjadi peserta upacara peringatan Haornas di Sintang. Peserta lainnya kontingen dari kabupaten-kabupaten lain yang sejak beberapa waktu lalu ikut pertandingan untuk menyemarakkan Haornas tingkat provinsi Kalbar yang diadakan di Sintang tahun 2017.

Sementara Ketua DPRD Jeffray Edward, mengungkapkan bahwa tema Haornas tahun ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menggunakan semua aspek dalam masyarakat untuk mengkampanyekan kembali nilai-nilai persatuan dan kesatuan Negara RI.

“Dengan tema ini kita bisa melihat bahwa aspek olah raga dapat kita gunakan untuk menyatukan masyarakat. Melalui olahraga ini kita ingin rasa persatuan dan kesatuan semakin tinggi di Kalimantan Barat ini,” ucapnya.

Turut hadir pimpinan forkopimda, pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. Juga hadir para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat di Kota Sintang. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar