Dukung Pengawasan Notaris, Bupati: Kehadirannya Juga Sebagai Akselerasi PAD

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Foto Bersama Usai Melakukan Pertemuan Dengan Majelis Pengawas Notaris Daerah (Foto: Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Foto Bersama Usai Melakukan Pertemuan Dengan Majelis Pengawas Notaris Daerah (Foto: Sg)

KalbarOnline, Sintang – Majelis Pengawas Notaris Daerah (MPND) Kabupaten Sintang melakukan pertemuan bersama Bupati Sintang mengenai dukungan antara MPND bersama Pemerintah Kabupaten Sintang, yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, Senin (11/9).

Dalam arahannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno menyambut positif pertemuan dengan MPND.

“Jadi saya berbahagia audiensi bersama MPND ini, kita tahu bahwa fungsi Notaris ini merupakan pemegang kekuasaan Negara untuk masalah hak milik atas tanah, perpindahan hak milik tanah, administrasi pertanahan, selain itu juga dalam kaitan perjanjian pihak badan hukum dan sebagainya,” ujar Bupati.

Bupati mengungkapkan bahwa kehadiran Notaris dapat menjaga instrumen tata ruang kota.

“Notaris buat kita seperti mitra yang memiliki dua hal, yang pertama kaitan menjaga rencana tata ruang kita, instrumen awal untuk menjaga tata ruang kita adalah Notaris yang mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang inign mendapatkan hak atas tanah, sehingga peruntukannya dapat disosialisasikan kepada masyarkat,” ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Senentang ini, Notaris juga sebagai mitra dalam akselerasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam hal pajak retribusi daerah.

“Yang kedua, Notaris juga mitra kita dalam akselerasi dalam pendapatan asli daerah, kita ketahui sumber dana pembangunan ini sebenarnya pokok dari PAD, seperti fungsi kenotariatan yang berkaitan dengan pajak retribusi dapat meningkatkan PAD sehingga kegiatan pertemuan ini sangat penting,” tuturnya.

“Dengan adanya Majelis Pengawas Notaris Daerah di Kabupaten Sintang ini penting supaya dijaga profesionalitas Notaris untuk menjaga etika mereka saat bekerja, baik dalam melayani sebagian pihak dan bahkan melayani masyarakat, dan tentunya hal ini perlu diawasi dan dibina oleh MPND, maka dengan ini Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung kontribusi nyata untuk memperlancar tugas-tugas daripada MPND ini,” timpalnya.

Sementara Ketua Majelis Pengawas Notaris Daerah Sintang, Hobby Simanungkalit, mengatakan tujuan pertemuan ini untuk berdiskusi saling berbagi informasi kepada Bupati Sintang dan memohon arahan petunjuk dari Bupati Sintang.

Hobby mengungkapkan bahwa tugas dan pokok fungsi dari MPND ini untuk mengawasi jalannya kegiatan Notaris yang ada di Kabupaten Sintang.

“Dalam tugas-tugas kenotariatan itu kan banyak yang bisa merugikan hak orang lain oleh karena itu bagi yang merasa dirugikan baik dari segi moril dan segi etik lainnya mereka dapat menghadap MPND, sehingga majelis akan bersidang untuk melihat persoalan tersebut apakah itu diteruskan atau diselesaikan dengan musyawarah,” paparnya.

Hobby menambahkan bahwa MDPN ini meliputi lima Kabupaten dengan unsur pengawasnya.

“Kami meliputi lima Kabupaten, yaitu Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, kami secara keseluruhan baru ini bertemu dengan Bupati Sintang, unsur kami ini terdiri dari 3 unsur yaitu organisasi notaris sebanyak 3 orang, akademisi 3 orang, dan pengawas kenotariatan,” jelasnya.

“Harapan kita adanya dengan setelah bertemu dengan bapak Bupati Sintang pada saat ini, agar terjalin kerjasama mitra antara Pemkab Sintang dengan MPND, kami melaksanakan kegiatan kemasyarakatan, misalkan masyarakat melaporkan pelayanan Notaris itu kepada kami, sehingga kami dengan pemerintah daerah sama-sama melayani masyarakat,” pungkas Hobby. (Sg)

Tinggalkan Komentar