Basarnas dan RCC Singapura Gelar Latihan Bersama

Pejabat Badan SAR Pontianak dan RCC Singapura, Foto Bersama Usai Kegiatan Perumusan Latihan Gabungan Indonesia-Singapura (Foto: Ian/Hms)
Pejabat Badan SAR Pontianak dan RCC Singapura, Foto Bersama Usai Kegiatan Perumusan Latihan Gabungan Indonesia-Singapura (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Indonesia dan Singapura menggelar latihan bersama (Indopura) dalam latihan misi kemanusiaan antara Badan SAR Nasional dengan Rescue Comand Centre (RCC) Singapura di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat.

Kepala Sub Direktorat Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi Basarnas, Agus Haryono mengatakan, Indopura sudah digelar ke-35 kalinya dan kali ini Kantor SAR Pontianak menjadi tuan rumah dalam event otoritas SAR.

“Dalam misi latihan bersama, RCC Singapura mengerahkan alat utama yakni dua pesawat jenis Fokker dan Hercules ke perairan Pulau Datuk. Adanya kedua pesawat tersebut guna menunjang kegiatan latihan bersama,” ujar Agus di Kantor SAR Pontianak, Sui Raya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (12/9).

Sementara itu dari Basarnas sendiri akan mengerahkan aset Kantor SAR Pontianak yaitu alur laut berupa kapal.

“Satu unit Kapal RIB, akan dipergunakan dalam latihan tersebut. Aset tersebut akan diterjunkan sesuai dengan scenario dan hasil ploting yang dibuat,” kata Agus.

Menurut Agus, tujuan dari latihan bersama ini memelihara kesiapsiagaan serta kemampuan maupun untuk menguji prosedur dan komunikasi apabila kedua Negara melakukan operasi SAR bersama. Latihan bersama Indopur di gelar pada 11-15 September 2017.

“Dalam latihan kali ini diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan personil SAR Indonesia dan Singapura dan meningkatkan kemampuan SMC ( SAR Mission Coordination) baik dari pihak Indonesia Maupun Singapura,” pungkasnya. (Ian)

Tinggalkan Komentar