Pengamat Ekonomi Untan Apresiasi Langkah Telkomsel Dalam Menghadirkan Jaringan Internet di Perbatasan

KalbarOnline, Pontianak – Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura (Untan), Ali Nasrun mengatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh Telkomsel dengan menghadirkan jaringan internet berkualitas di daerah khususnya perbatasan ini sudah sepatutnya diapresiasi.

Ini investasi penting guna mendorong perekonomian, meskipun dari segi ekonomis, mungkin tidak begitu menguntungkan bagi Telkomsel sendiri.

Dalam jangka pendek, efektivitasnya mungkin belum akan terlihat.

Menurutnya, ini satu proses pembelajaran, dorongan kepada masyarakat untuk bisa semakin akrab dengan teknologi untuk memperbaiki produktivitas dan usahanya.

“Karenanya, hal ini perlu kita apresiasi. Sebuah upaya yang sangat baik mendorong pertumbuhan di daerah lewat investasi ini. Selain itu, saya kira ini penting bagi berbagai pihak untuk bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Terutama bagi institusi pemerintahan, memanfaatkan adanya fasilitas ini. Termasuk juga untuk pendidikan di kawasan tersebut,” paparnya, seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Meskipun hal tersebut bukan hal mudah karena berbagai faktor, tapi menurut Akademisi Untan ini, hal tersebut perlu didorong.

Demikian juga, lanjutnya, untuk pelayanan kebutuhan pemerintahan yang lain.

“Pemerintah lah yang terlebih dahulu dapat manfaatkan layananan internet ini, bisa berikan layanan terbaik bagi masyarakat, sebab jika tak ada kehendak itu, impact-nya tidak optimal. Investasi yang besar, jadi tidak begitu optimal manfaatnya,” tukasnya.

Menurutnya hal tersebut sangat penting. Pemerintahan daerah, tingkat provinsi maupun kabupaten bisa manfaatkan ini untuk sarana pembelajaran kepada masyarakat. Demikian juga dalam hubungan ekonomi antar masyarakat.

“Tapi ini jelas sangat berpotensi di masa mendatang, sehingga memperlancar proses di segala bidang,” pungkasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar