Pasar Flamboyan Masuk Top 5 Inovasi Pasar Dengan SNI

Pasar Flamboyan Kota Pontianak (Foto: Ist)
Pasar Flamboyan Kota Pontianak (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Haryadi S Triwibowo mengatakan bahwa Pasar Flamboyan berhasil masuk sebagai finalis lima besar Lomba Inovasi Pasar Berstandar Standar Nasional Indonesia (SNI) yang digelar Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

“Peserta lomba ini adalah semua pasar di Indonesia. Jadi dari sekian daerah di Indonesia, Pasar Flamboyan masuk lima besar,” ujarnya seperti dilansir dari Pontianak Pontianak.Tribunnews.com.

Selanjutnya pada final tanggal 19 September 2017, pihaknya kemudian akan menyampaikan pemaparan secara langsung di Kementrian Perdagangan mengenai apa saja inovasi yang telah dilakukan di Pasar Flamboyan.

Setidaknya ada 43 indikator pasar berstandar nasional Indonesia.

Indikator itu pun sudah terpenuhi dengan berbagai pembangunan dan perubahan di pasar yang jadi nadi ekonomi Kota Pontianak dan kabupaten sekitar itu.

“Dari tahun ke tahun, Pemerintah Kota memang terus melakukan perbaikan. Alhamdulillah, artinya pasar di Pontianak khususnya Flamboyan ini sudah dipertimbangkan secara nasional,” terangnya.

Kemudian dari 43 indikator tersebut, diantaranya dinilai antara lain harus tersedia lahan bongkar muat, parkir dan adanya Ruang Terbuka Hijau, ada tempat penitipan anak, ada alat ukur timbang ulang dan juga adanya akses untuk terjadi bencana kebakaran.

“Itu kita sudah siap semua, makanya masuk final. Kondisi pasar sudah terpenuhi itu makanya masuk final lomba pasar inovasi. Kita sudah masuk 5 besar, tinggal nanti dicari pas final juara 1-3,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar