Bupati dan Wabup Tinjau BBI Nanga Suri

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si dan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si didampingi Wakil Ketua PKK Ny Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, A.Md usai membuka kegiatan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Lembah Beringin Kecamatan Nanga Mahap, langsung meninjau Penangkaran Balai Benih Ikan Nanga Suri, Kecamatan Nanga Mahap, Selasa (5/9).

Bupati dan Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau, Sabas, S.IP yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Perhubungan Pendi, S.Sos yang sekarang diberi kepercayaan menjabat sebagat pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan, personil Pol PP dan Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau.

Kedatangan rombongan Bupati dan wakil Bupati Sekadau di BBI Nanga Suri disambut dengan hujan deras. Bersyukur hujan pun tidak berlangsung lama. Kurang lebih 15 s/d 20 menit Bupati dan rombongan berteduh di ruangan mess Balai Benih Ikan Nanga Suri.

Ketika hujan reda, Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan langsung turun ke lapangan meninjau penangkaran BBI Nanga Suri. Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau di BBI Nanga Suri ini juga didampingi oleh petugas BBI dari dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Lande. Kunjungan tersebut dipandu langsung oleh petugas BBI.

Pada bagian pertama Bupati dan rombongan diajak untuk melihat rumah penangkaran bibit ikan yang sekarang ini dalam proses perbaikan. Bagian kedua, rombongan Bupati diajak oleh petugas untuk melihat indukan ikan mas.

Baca Juga :  Masyarakat Harapkan Jalan Mulus Sebelum Natal

Indukan ikan mas inilah yang nantinya akan memenuhui kebutuhan bibit ikan di Kabupaten Sekadau. bagian ketiga, Bupati bersama rombongan diajak oleh petugas BBI untuk melihat kolam pembesaran ikan mas.

Sesekali petugas BBI ini juga sambil menaburkan umpan di kolam. Mungkin hanya dengan hitungan detik saja ribuan ikan mas ini datang dan langsung menyambar umpan yang diberikan oleh sang petugas.

Ukuran serta warnanya menyerpuai emas keemasan membuat hati merasa bahagia. Bagian terakhir petugas BBI mengajak Bupati dan rombongan melihat bendungan sumber air yang memenuhi kolam BBI Nanga Suri.

Bupati Sekadau Rupinus usai meninjau sekitar lingkungan BBI menyampaikan bahwa untuk saat ini Kabupaten Sekadau memili dua tempat Balai Benih Ikan (BBI). Untuk lokasi BBI pertama dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau di Keamawan Km 7 Jalan Merdeka Timur, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

Kedua BBI ini dibangun pada jaman Bapak Simon Petrus, Bupati Periode 2005-2010-2010-2015. Pembangunan dua BBI ini, lanjut Rupinus untuk memenuhi kebutuhan bibit ikan di Kabupaten Sekadau.

“Kita berterima kasih kepada Bupati sebelumnya yaitu Bapak Simon Petrus yang sudah berpikir keras membangun kedua BBI. Dengan adanya dua BBI ini tentu sangat memudahkan masyarakat Kabupaten Sekadau dalam memperoleh bibit ikan yang selanjutnya untuk dibudidayakan,” ujarnya.

Menurut mantan Camat Nanga Mahap ini, kedua BBI ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi pusat penangkaran bibit ikan. Untuk dia mendorong agar masyarakat Kabupaten Sekadau memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  Kapolres Sekadau Berikan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Banjir

“Sudah banyak bibit ikan yang sudah kita salurkan kepada kelompok tani untuk dikembangkan. Semoga bantuan yang sudah kita salurkan ini bisa nambah pendapatan ekonomi keluarga,” tukasnya.

Sementara Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH, M.Si mengaku takjub melihat pemandangan lingkungan BBI Nanga Suri yang sampai saat ini alamnya masih sangat asri. Menurutnya BBI Nanga Suri ini menyimpan banyak potensi dalam pengembangan ikan untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Sekadau.

“BBI Nanga Suri ini masih sangat asri atau alami dengan pegunungannya yang masih ditumbuhi hutan lebat termasuk airnya masih sangat jernih dan ini harus kita pertahankan,” ujarnya.

Orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini berharap sekadau bisa menjadi daerah kabupaten yang memiliki potensi pengembangan bibit ikan.

“Kedepan kita berharap potensi pembibitan ikan bisa berkembang dengan baik. Saya juga berharap ada kerja sama masyarakat dengan BBI dalam hal pengembangan ikan di kabupaten sekadau,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sekadau ini.

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Sekadau ini, kedepannya BBI ini bisa dijadikan sebagai objek wisata untuk masyarakat Kabupaten Sekadau.

“Dalam hal pembangunan, pemerintah daerah secara bertahap akan melakukan perbaikan, terutama untuk sarana dan prasarana BBI baik di Nanga Suri maupun BBI di Kemawan,” pungkasnya. (Mus/Hms)

Comment