Semarakan Idul Adha 1438 H, Warga Desa Mungguk Gelar Perlombaan Sampan Bidar

Penyerahan Hadiah Kepada Para Pemenang Lomba Sampan Bidar (Foto: Mus)
Penyerahan Hadiah Kepada Para Pemenang Lomba Sampan Bidar (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Masyarakat begitu antusias menyaksikan perlombaan sampan bidar, Minggu (3/8). Masyarakat datang berbondong-bodong memadati sepanjang Sungai Sekadau di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

Kepala Desa Mungguk, Agustami menuturkan, antuasiasme masyarakat begitu tinggi untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Pihaknya, kata dia, sangat mendukung kegiatan-kegiatan kemasyarakatan khususnya di Desa Mungguk.

“Apalagi lomba sampan bidar ini baru diselenggarakan di Desa Mungguk. Kegiatan ini juga untuk memeriahkan hari raya Idul Adha 1438 hijriah,” ujarnya ditemui disela-sela kegiatan.

Selian itu, kata dia, antusiasme peserta juga tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan sampan bidar tersebut.

“Ada 45 peserta se Kabupaten Sekadau, bukan hanya Sekadau Hilir saja. Kecamatan lain juga ikut memeriahkan kegiatan ini,” kata dia.

Apalagi, kata Agustami, lomba sampan merupakan salah satu tradisi yang ada sejak dulu. Untuk itu, kata dia, dengan digelarkan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menggiatkan kembali tradisi yang sudah ada.

“Mudah-mudahan kedepan dapat diselenggarakan lagi,” harapnya.

Hal senada juga diungkap Camat Sekadau Hilir, Hermanto. Ia mengapresiasi pelaksanaan perlombaan sampan bidar di Desa Mungguk.

“Ini juga sebagai wadah pembinaan terhadap para atlet dan kemajuan olahraga, khususnya sampan di Kabupaten Sekadau,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, perlombaan yang digelar juga sebagai upaya menjaring atlet-atlet berbakat. Sehingga, kata dia, para atlet tersebut dapat mengikuti perlombaan ke ajang lebih tinggi lagi.

“Antusiasme masyarakat dan peserta begitu tinggi. Mudah-mudahan kedepan kegiatan serupa dapat digelar kembali,” harapnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar