Bupati Tutup Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2017

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Saat Menutup Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2017 (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada Saat Menutup Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2017 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, bersama bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward dan Wakil Ketua DPRD Sintang, Tery Ibrahim S.Sos, M.Pd, secara resmi menutup pameran pembangunan Sintang Expo 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke – 72 di depan kompleks Stadion Baning Sintang, Rabu (30/8).

Bupati mengatakan, kegiatan expo ini menjadi ajang demonstrasi bagi perangkat daerah dan stakeholder pembangunan di Sintang. Kegiatan ini telah mendemonstrasikan bahwa dengan bekerja sama dengan bersama bekerja mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera.

Pameran ini, lanjutnya, telah memberikan ruang untuk menunjukkan hasil-hasil pembangunan, pembangunan yang sedang berlangsung dan yang akan dikerjakan. Juga telah memberikan ruang kepada para pedagang untuk menampilkan dan memasarkan produk yang mereka miliki, sehingga terjadi transaksi ekonomi. Pada kesempatan ini juga telah ada kegiatan-kegiatan yang menghibur masyarakat, ditengah musim hujan sehingga becek telah memberikan kegem biraan bagi masyarakat.

Orang nomor satu di Sintang itu juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, kepada semua unsur masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegaitan ini. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang pada setiap tahun dapat semakin ditingkatkan, Bupati berharap panitia dan para pihak dapat menjadikan catatan pada tahun ini sebagai koreksi sehingga makin tahun kegiatan ini bisa semakin baik.

“Dengan ditutupnya pameran dan expo ini, tujuan utamanya sudah tercapai yaitu untuk menunjukkan kepada masyarakat, mengenai pembangunan yang telah kita laksanakan dan yang sedang berjalan serta pembangunan yang terencana,” tukas Bupati.

“Dengan kesempatan ini juga kita memberikan kesempatan kepada para pengusaha, untuk menampilkan dan memasarkan produk-produk terbaik mereka kepada masyarakat banyak,” tambahnya lagi.

Sementara Ketua panitia Pameran Pembangunan Sintang Expo 2017, Sudirman menyampaikan bahwa kegiatan tahunan Sintang ini bertujuan sebagai wahana infomasi dan hiburan di lingkungan Kabupaten Sintang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-72.

“Pameran pembangunan ini merupakan wahana infomasi mengenai pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemda Sintang,” kata Sudirman.

Sudirman yang juga merupakan Kepala Disperindagkop Sintang menambahkan adapun info-info yang disampaikan, tentang produk lokal yang bisa menjadi unggulan daerah.

“Selain itu juga untuk memantapkan dan merubah persepsi masyarakat tentang produk lokal. Juga sebagai wahana hiburan rakyat,” tukasnya.

Diketahui, peserta kegiatan terdiri dari 37 instasi OPD dan Forkopimda di lingkungan Pemda Sintang. Pihak kepolisian dan TNI ikut serta di 2 stan. Peserta dari BUMN, BUMS dan BUMD bergabung dalam 1 stan. Sementara itu peserta dari sektor swasta dan UMKM ikut sebanyak 135 stan. Turut meramaikan kegiatan ini 59 orang pedagang.

Kegiatan ini berlangsung pada 21-30 Agustus 2017. Adapun pemenang lomba stand pada kegiatan ini, Dekranasda Kabupaten Sintang mendapatkan juara ketiga, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanahan Sintang menjadi juara kedua. Sementara Juara pertama dan menjadi stand terbaik adalah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang. Stan favorit pada lomba ini diraih oleh Dinas Kesehatan Sintang. Pada penutupan expo, panitia akan mendatangkan artis Siti Badriah.

Sudirman mengatakan selama berlangsungnya kegiatan ini mendapat sedikit halangan yang bersifat force major.

“Cuaca yang sering hujan membuat kegiatan ini jadi agak terganggu sedikit, karena di beberapa titik terjadi genangan dan lumpur,” pungkasnya.

Penutupan tersebut ditandai dengan pemukulan drum oleh Bupati Sintang. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar