Buka Nexa Expo 2017, Afen Ajak Seluruh Stakeholder Tingkatkan Daya dan Kerja Bersama

HUT SMAN 1 Sintang ke-61 Dibalut Dengan Expo

KalbarOnline, Sintang – Asisten III Sekretariat Daerah Sintang, Drs Marchues Afen, M.Si mewakili Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka acara Nexa Expo 2017 dan Peringatan Hari Ulang Tahun SMAN 1 Sintang ke-61 di Halaman SMAN 1 Sintang, Senin (28/8).

“Daya saing daerah kita lemah karena keterbatasan daya inovasi,” kata Afen.

“Sebab kita masih monoton dalam gerak kerja. Perlu keterpaduan, kreativitas dan inovasi,” timpalnya.

Menurut Afen, peningkatan daya ini memerlukan energi, integritas dan kerja bersama antar stakeholder.

Salah satu pihak yang berperan besar adalah sekolah. Sekolah menjadi lahan persemaian benih kreativitas generasi muda.

“Peringatan HUT yang dirangkai dengan expo menjadikan suasana yang kondusif untuk memperlihatkan contoh bagi sekolah lainnya, jadi sekolah pelopor di daerah kita,” tukas Afen.

Dirinya juga menyampaikan himbauan bahwa motivasi diri merupakan kunci bagi para siswa dengan bentuk implementasi, teruslah belajar. Kepada para guru pemerintah mengharapkan agar dapat semakin menjadi teladan bagi siswa.

Baca Juga :  Bupati Sintang Tutup Turnamen Landau Panjang Cup

“Kepada orang tua murid jadilah mitra yang baik dalam membangun sekolah yang kita cintai bersama ini. Semoga jadi sekolah yang maju dan semakin berkembang,” pungkas Afen.

Sementara Kepala Sekolah SMA 1 Sintang, Edi Sunaryo menyebutkan bahwa dalam usia ke 61 tahun ini, diharapkan semakin hari seluruh lini, guru, orang tua, staf dan siswa semakin memahami kedudukan masing-masing terhadap kemajuan sekolah ini. Keberhasilan sekolah menjadi tanggungjawab semua pihak di yang ada didalamnya.

“Peranan seluruh stakeholder menjadi jaminan untuk memajukan institusi,” kata Edi.

“Dari tahun ke tahun peminat di SMA 1 semakin banyak,” katanya lagi.

Menurut ketua panitia, Trinadiah kegiatan kali ini merupakan gabungan program gerkan literasi sekolah dan pameran kewirausahaan serta kegiatan peringatan HUT SMAN 1 Sintang.

“Kegiatan berupa aneka lomba kita selenggarakan dengan melibatkan 21 kelas dan 9 sekolah imbas,” terang Ina.

“Lomba-lomba tersebut antara lain, menulis cerpen, story telling, akustik, dan lain-lain,” timpalnya.

Baca Juga :  OSO Apresiasi Kepengurusan MABM Kalbar 5 Tahun Terakhir, Apa Alasannya?

SMAN 1 Sintang berdiri sejak 28 Agustus 1956. Pada tahun 2017, SMA 1 menampung 252 siswa dalam 7 kelas.

Adapun kegiatan tersebut mengusung tema “To the best in achievement”. Kegiatan expo ini berlangsung selama 4 hari, mulai dari 28 hingga 31 Agustus 2017.

Tahun 2017 menjadi tahun kedua sebagai SMA rujukan. Sebagai SMA modeling, apapun bagian kerja dan program yang dapat menjadi rujukan, contoh bagi sekolah lain terutama 9 sekolah terimbas.

Kesembilan sekolah itu meliputi, SMAN 2 Sintang, SMAN 3 Sintang, SMA 4 Sintang, SMA 1 Desain, SMA 1 Tempunak, SMAN 1 Kelam Permai, SMA 1 Binjai, SMA 1 Tebelian dan SMA Panca Setya Sintang.

Sebagai simbol peringatan tersebut, Asisten Bupati melakukan pengguntingan pita yang berisi puluhan balon berwarna-warni. Selain itu Afen juga meniup lilin serta memotong tumpeng dan tart.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para perwakilan sekolah terimbas, alumni, orang tua siswa dan masyarakat umum. (Sg/Hms)

Comment