Pemkab Sintang Serahkan Bantuan 15 Ribu Ekor Ikan

Sekaligus 1,2 Ton Pakan

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 15.000 ekor bibit ikan lele dan 1,2 ton pakan ikan dari Pemerintah Kabupaten Sintang diserahkan oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman kepada kelompok usaha budidaya ikan Saka Jaya Abadi, bertempat di kawasan Masuka Pantai Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kamis (24/8).

Disela penyerahan bibit ikan, Wabup Askiman, memberikan pengarahan kepada kelompok usaha Saka Jaya Abadi, bahwa penyerahan bibit ikan ini merupakan tugas dari Pemerintah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kita dapat dilakukan penyerahan bibit ikan dan pakan ini kiranya dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin bantuan dari Pemerintah kepada Kelompok Usaha Saka Jaya,” ujar Wabup.

Wabup menuturkan bahwa dengan modal bantuan pemerintah berupa bibit ikan lele dan pakan, agar dapat kedepannya terus dikembangkan.

“Budidaya ikan ini sangatlah penting, sebagai modal usaha awal, pemerintah memberikan bantuan, nanti setelah dipanen, hasil yang didapatkan dibelikan lagi bibit ikan, pemerintah hanya membantu memberikan bibit untuk diawal budidaya, selanjutnya para kelompok usaha itu sendiri yang mengolahnya agar dapat berkembang dengan baik,” tutur Wabup.

Baca Juga :  Menteri PUPR Resmikan Empat Rusun di Sintang

Menurut orang nomor dua di Bumi Senentang ini, pengembangan disektor budidaya ikan harus secara berkelanjutan dan terkonsentrasi terhadap suatu usaha.

“Jangan berhenti sampai disini, kita harus mengembangkannya, sebab kita di Kabupaten Sintang sudah membuat Program Peningkatan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2EMAS) yang terkait dengan budidaya ikan ini,” ungkapnya.

Kepada Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan kabupaten Sintang, Wabup juga berharap agar kiranya tidak hanya menyerahkan bantuan saja.

“Akan tetapi tetap kita monitor, agar hasil yang diperoleh tetap maksimal, kepada kelompok usaha agar kiranya dapat meningkatkan kesejahteraan kita semua,” pesan Askiman.

Sementara Ketua Kelompok Usaha Saka Jaya Abadi, Muhammad Saleh mengatakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sintang berupa bibit ikan lele sebanyak 15 ribu ekor dan pakan ikan sebanyak 1,2 ton.

“Ini tentunya kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati, sebab kami sangat senang untuk dapat memberikan perhatian berupa bantuan bibit ikan, dan ini akan kami terus kembangkan budidaya ikan lele,” tekadnya.

Baca Juga :  Kabar Duka: Wakil Bupati Sintang Yosep Sudiyanto Meninggal Dunia

Saleh menjelaskan bahwa pembangunan tempat penampungan ikan ini dibuat di daratan dan tidak dibuat di sungai.

“Karena kalau kita bangun tempat penampungan di sungai nanti ikan takutnya terkena setrum ikan, dan juga ikan bisa banyak mati, kemudian kami membuatnya didarat dengan penampungan ikan berbahan terpal, kayu pagar, dan kawat, agar tidak dapat dipindahkan dan tidak dapat didorong kemana-mana, ini akan membuat ikan semakin berkembang,” jelas Saleh.

Menurut Saleh, kelompok usaha Saka Jaya Abadi ini berjumlah 10 orang, dengan demikian usaha ikan lele dapat dikembangkan dengan baik, biasanya ikan lele ini baru bisa dipanen ketika usia 3 bulan.

“Kami disini membuat kolam penampungan ikan sebanyak 5 kolam, satu kolamnya kira-kira memiliki ukuran panjang 3 meter dan 2 meter untuk lebarnya,” tutur Saleh. (Sg)

Comment