Resepsi Kenegaraan 2017, Bupati: Dengan Semangat Proklamasi Harus Bersatu Padu

KalbarOnline, Sintang – Usai melaksanakan upacara penurunan bendera peringatan detik-detik proklamasi pada Kamis sore (17/8) sekitar jam 17.00 WIB, pada malam harinya dalam rangka HUT Kemerdekaan ke – 72 Republik Indonesia tahun 2017, Bupati Sintang menggelar acara resepsi kenegaraan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, para forkopimda, dan jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, serta para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, masyarakat dan para pasukan pengibar bendera pusaka pada tahun 2017.

Bupati Jarot dalam sambutannya mengatakan, resepsi kenegaraan ini merupakan malam ramah tamah dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tahun 2017.

“Dengan demikian maka dalam rangka kemerdekaan inilah kita dapat modal terpenting sebagai modal untuk kehidupan, dan dapat mempersatukan kita semua, baik secara kekurangan ataupun penderitaan dapat kita atasi bersama dalam satu ikatan semangat proklamasi 17 Agustus ini,” kata Bupati Jarot.

Menurut Bupati sebagai bentuk semangat kemerdekaan ke-72, harus bisa menggedor kesadaran untuk meletakkan kemauan dalam bersatu sebagai modal kemerdekaan.

“Kita perlu sosok pahlawan aktual, faktual dan kontekstual yang dapat menerima perbedaan dan keberagaman serta dapat membangun kerjasama untuk memproduksi karya nyata bagi masalah hidup bersama, dan juga dapat menjadi seseorang yang bisa merajut persahabatan demi menjaga keutuhan bangsa kita tetap bersatu sebagai suatu bangsa,” tutur Bupati.

Bupati meminta kepada semua pihak bersama-sama merapat, yang berbeda dari pandangan mari pertemukan dengan bekerja bersama untuk kemajuan Kabupaten Sintang.

“Inilah cara yang tepat untuk kita menghayati tema HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia tahun 2017 ini, yaitu “Indonesia Kerja Bersama”,” pinta Bupati.

BACA JUGA:  Bang Midji Makan Durian di Pasar Hongkong Singkawang

Dalam konteks visi misi Kabupaten Sintang, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang sehat, cerdas, maju, religius, dan sejahtera, yang didukung dengan penerapan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih, Bupati meminta kepada semuanya agar dapat mencontoh para pejuang kemerdekaan yang dimana mereka tidak pantang menyerah.

“Sehingga mereka dapat meraih kemerdekaan, nilai inilah yang dapat kita ambil hikmahnya sebagai kesungguhan dan kesanggupan untuk bersama-sama bekerja sama dalam meraih dan membangun Kabupaten Sintang sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang yang kita cintai ini,” tegasnya.

“Saya mengajak kepada kita semua, mari kita teguhkan komitmen, agar dapat lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai perjuangan untuk mengisi kemerdekaan, sehingga dapat kita perkuat rasa persatuan dan kesatuan kita, agar dapat mencapai suatu visi misi Kabupaten Sintang,” ajaknya.

Ketua Panitia penyelenggara Resepsi Kenegaraan, dan juga Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Abdul Syufriadi mengatakan HUT Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia mengusung tema Indonesia Kerja Bersama.

“Ini merupakan suatu representasi dari semangat gotong royong untuk menuju Indonesia yang lebih maju baik dimasa depan,” ucapnya.

Abdul menambahkan, kegiatan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sintang bertujuan untuk dapat membangkitkan semangat berkebangsaan, dapat menignkatkan semagat rasa perjuangan dan patriotrisme di Kabupaten Sintang, dan juga dapat menjalin serta meningkatkan kerangka kebersamaan dalam menumbuhkembangkan partisipasi dan gotong royong untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. (Sg)

Comment