Berikan Penghargaan Satya Lancana Karya Satya, Bupati Minta PNS Jaga Kekompakan Bersinergi Dalam Bekerja

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 75 Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya yang diberikan oleh Bupati Sintang didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang, Senin, (14/8).

Dalam penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya satya, ada beberapa Pejabat Eselon II Kabupaten Sintang mendapatkan, seperti Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, mendapatkan tanda kehormatan sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan 30 tahun masa kerja, kemudian Direktur RSUD A.M Djoen Sintang mendapatkan tanda kehormatan sebagai PNS dengan 10 tahun masa kerja.

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya dihadapan PNS yang mendapatkan tanda kehormatan satyalancana mengatakan bahwa salah satu jalur pembinaan SDM dalam kepegawaian birokrasi pemerintah yaitu fungsi pemberian reward dalam bentuk penghargaan tanda kehormatan.

“Pemberian penghargaan ini diyakini dapat memicu peningkatan dedikasi, loyalitas, prestasi dan kontribusi pegawai ASN dalam menjalankan tugas sebagai pelaksana kebijakan publik, memberikan pelayanan publik yang berkualitas serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Bupati.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Bentuk Tim P3DN, Yosepha Hasnah: untuk Mengawasi Pengadaan Barang dan Jasa di OPD

Menurut Bupati, pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi negara terhadap pegawai ASN atas kesetiaannya terhadap pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, sekaligus yang telah bekerja secara loyal tanpa cacat dan cela sebagai pamong praja sehingga penganugerahan ini, semua ASN semestinya dapat terus membangun kesadaran akan arti pentingnya loyalitas, dedikasi dan prestasi mereka dalam bekerja.

Bupati menambahkan untuk dapat mencapai visi reformasi birokrasi nasional, yaitu terwujudnya pemerintahan kelas dunia, birokrasi pemerintah harus mampu menerapkan sistem manajemen birokrasi modern. Dalam sistem tersebut, diyakini bahwa aset yang paling berharga dari institusi adalah faktor manusianya. Oleh sebab itu, setiap ASN di semua strata pemerintah harus mampu menghadapi persaingan global yang semakin sengit, “bukan dengan berpikir dan bekerja secara linier, namun harus lebih kreatif, inovatif dan mencari terobosan-teroboan konstruktif sehingga tercipta sosok institusi  pelayan publik yang berdaya saing tinggi,” timpalnya.

“Pesan saya kepada saudara-saudari jadikanlah moment penghargaan yang diterima ini, sebagai pendorong spirit pengabdian terbaik saudara-saudari selaku abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat di Kabupaten Sintang, teruslah jaga komitmen untuk menjalankan tugas dengan baik, posisikan diri sebagai penjaga kekompakan organisasi, bangun sinergi dalam bekerja, gunakan semua fasilitas pemerintah secara bijaksana serta kebangkan inovasi yang memicu prestasi terbaik, guna mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan bersih di Kabupaten Sintang,” pesan orang nomor satu di Bumi Senentang ini.

Baca Juga :  Buka Pelatihan MC dan Presenter LKP Bina Harapan Permata, Syarifuddin: Pengusaha Adalah Agen Perubahan

Sementara Kepala Sub Bidang Disiplin Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Sintang, Ahmad Husni mengatakan penghargaan tanda kehormatan satyalancana karya satya ini diberikan kepada 75 Pegawai Negeri Sipil yang sudah mengabdi kepada masyarakat dengan dibagi 3 klasifikasi.

“Untuk yang masa kerja 10 tahun sebanyak 15 orang, masa kerja 20 tahun sebanyak 23 orang, dan untuk masa kerja 30 tahun sebanyak 37 orang,” ungkapnya.

Perlu diketahui, ditambahkan Husni, tanda kehormatan ini ada 2 jenis, pertama yang ukurannya besar dan ukuran kecil, untuk yang ukuran besar digunakan pada saat hari-hari besar seperti HUT RI, dan tanda kehormatan satyalancana yang kecil seyogyanya digunakan sehari-hari. (Sg)

Comment