Wabup Sintang Buka Kemah Bhakti Pramuka

Sekaligus Lepas Peserta Raimuna Nasional XI 2017

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman MM membuka kegiatan perkemahan bhakti pramuka penggalang dan penegak serta melakukan pelepasan peserta Raimuna Nasional XI 2017 Yang dilaksanakan di halaman SMU 3 Sintang, Jum’at sore (11/8).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah SKPD terkait dan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sintang, H Junaidi, S,Sos., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Askiman mengatakan bahwa kegiatan Raimuna merupakan kegiatan pertemuan pramuka penegak dan penggalang dalam bentuk perkemahan besar. Dan ini merupakan kebangaan bagi Kabupaten Sintang dapat melaksanakan dan mensukseskan pelaksanaan Raimuna tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2017 mendantang di Cibubur Jakarta.

“Saya sangat mengapresiasi dengan keikutsertaan Kwarcab Sintang ini, karena berdampak langsung terhadap upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas dan sehat sebagai salah satu komponen visi pembangunan Kabupaten Sintang 5 tahun kedepan,” ujar Wabup.

Wabup Askiman berharap gerakan pramuka harus mampu memberikan inspirasi dan kontribusi terhadap bangsa dalam menjawab tantangan zaman sebagai kegiatan yang edukatif untuk generasi muda dan harus semakin optimal yang dilakukan oleh pengurus pramuka di Kabupaten Sintang.

“Kegiatan perkemahan pengalang dan penegak pandu pada hari ini merupakan bentuk pembinaan yang baik karena terdapat proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka sehingga dapat membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur bagi seluruh peserta,” tambah Askiman.

Baca Juga :  Persulit Wartawan, Rapat Permohonan HGU Perusahaan di Sekadau Dilakukan Tertutup

Gerakan pramuka, lanjutnya, merupakan salah satu kekuatan pembinaan sumber daya manusia bangsa, gerakan pramuka sudah sangat dikenal di masyarakat luas sebagai singkatan dari Praja Muda Karana, terdapat nilai plus dari Pramuka yaitu, hendak membentuk jiwa muda yang suka berkarya.

“Seperti kita ketahui generasi muda merupakan ujung tombak masa depan bangsa, maka masa depan yang gemilang akan menjadi milik bangsa tersebut,” ucapnya.

Menurut Wabup kegiatan pramuka ini mendapat daya dukung yang cukup kuat dari Pemerintah Kabupaten Sintang baik dari sisi pembinaan dan pembiayaan dan sebagainya.

“Karena kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang sangat positif walaupun sudah memasuki usia yang ke-56 tahun mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang baik dalam rangka pembinaan fisik, disiplin dan mental anak-anak muda. Saya menghimbau kepada peserta secara keseluruhan dengan kegiatan ini kita dapat menjalin rasa persaudaraan dan kekeluargaan dapat terbentuk dengan sebaik-baiknya. Dengan kegiatan ini mereka dapat diberi pembekalan dan pendidikan yang positif dengan resiko bahaya pergaulan bebas, bahaya narkoba, dengan demikian maka terbentuklah anak bangsa yang cerdas yang mampu membawa negeri kita yang lebih maju,” imbuhnya.

Baca Juga :  Karolin – Gidot Prioritaskan Pendidikan Khusus Untuk Masyarakat Dayak

Dirinya berharap hal ini mampu membawa nama baik Sintang, mampu menjaga kehormatannya, mampu menjaga disiplin, mampu menjaga semangat akan terpelihara daengan baik, sehingga sesampainya di Kabupaten Sintang mampu mentrasfer ilmu pengetahuan yang ada di bidang pramuka yang mereka dapatkan disana.

Sementara Ketua Kwarcab Kabupaten Sintang Junaidi mengatakan peserta Raimuna XI utusan Kwarcab Sintang berjumlah 24 orang terdiri dari 12 pramuka penegak putra, dan 12 pramuka penegak putri.

Perkemahan bhakti dilaksanakan dari tanggal 11 – 14 Agustus bertempat di bumi perkemahan Kwarcab Sintang. Kegiatan Raimuna XI diselengarakan di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta dari tanggal 13-21 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mewadahi anggota pramuka dalam halnya untuk mengaktualisasikan keterampilan dan kecakapan dan memeriahkan HUT Pramuka ke-56 tingkat Kabupaten Sintang.

“Serta dapat menjadikan pramuka yang lebih mandiri, cerdas, terampil, dan gembira serta suci dalam pikiran dan perkataan,” tandasnya. (Sg)

Comment