Guna Menghasilkan Kinerja Pemerintahan Yang Baik, Prinsip Ini Yang Diterapkan Sutarmidji

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Menjadi Pembicara Pada Seminar Indonesia Development Forum (Foto: Fai)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Menjadi Pembicara Pada Seminar Indonesia Development Forum (Foto: Fai)

95 Persen Penempatan Kepala OPD di Pemkot Sesuai Disiplin Ilmu dan Latar Belakang Pendidikan

KalbarOnline, Pontianak – Guna menghasilkan suatu kinerja pemerintahan yang baik, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji selalu menerapkan prinsip the right man on the right place yang merupakan suatu unsur dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam pendayagunaan yaitu menempatkan orang sesuai dengan kompetensinya sehingga bisa bekerja dengan optimal.

Sutarmidji menegaskan bahwa saat ini 95 persen kepala OPD di Pemerintah Kota Pontianak, menurutnya sesuai dengan disiplin ilmu serta latar belakang pendidikannya.

“Hampir 95 persen kepala OPD itu sesuai dengan latar pendidikan dan sesuai dengan disiplin ilmunya,” ujarnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Dirinya menuturkan bahwa seseorang ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan ilmunya maka ia akan bekerja dengan baik dan dapat menghasilkan inovasi untuk membawa perubahan.

“Karena kalau orang ditempatkan bukan pada posisi disiplin ilmunya, maka ia tidak akan paham apa yang harus dikerjakan. Ini akan merugikan masyarakat,” jelasnya.

Wali Kota Pontianak dua periode ini juga menegaskan bahwa dirinya selalu cermat dan melihat  kemampuan dari setiap ASN dalam menempatkannya pada posisi strategis.

Dirinya tak ingin salah menempatkan orang yang tidak sesuai kemampuan sehingga bisa berujung pada merugikan masyarakat.

“Menempatkan orang itu harus profesional. Kalau saat ini di Kota Pontianak hampir semua sudah sesuai disiplin ilmunya,” tegasnya.

Bahkan, selama ini apa yang sudah dilakukan, diakuinya, dapat dirasakan oleh masyarakat sendiri dan itu dibuktikan juga dengan Kota Pontianak yang dinobatkan sebagai kota dengan layanan publik terbaik se Indonesia serta mendapat berbagai penghargaan lainnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar

Loading...