Tiga Pekan Ditempa, Paskibraka Sekadau Diharapkan Tampil Maksimal

Peringatan HUT RI ke-72

KalbarOnline, Sekadau – Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sekadau diharapkan dapat tampil maksimal dalam tugasnya mengibarkan bendera saat peringatan HUT RI ke-72, 17 Agustus mendatang. Terlebih mereka sudah dibekali pelatihan secara ketat.

“Mereka itu sudah kita latih. Jadi kita berharap tidak ada kesalahanlah dalam pelaksanaan upacara nanti,” ujar Idin, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau kepada awak media, Minggu (13/8).

Harapan Idin, bukan tanpa dasar. Sebanyak 25 personil Paskibraka yang berasal dari pelajar SMA/Sederajat se-Kabupaten Sekadau sudah diberikan pelatihan hampir tiga pekan sejak 28 Juli lalu hingga beberapa hari menjelang pengibaran bendera kelak.

Baca Juga :  Mantan Wakil Ketua DPRD Sekadau Jabat Kepala SMK Amaliyah

“Mereka sudah kita tempa. Mereka kita latih dengan melibatkan pelatih dari unsur PPI (Purna Paskibra Sekadau), anggota TNI maupun Polri,” timpal Idin.

Idin membeberkan, 25 anggota Paskibraka yang berasal dari pelajar SMA/Sederajat itu, diseleksi secara bertingkat, mulai dari seleksi sekolah, kecamatan hingga seleksi tingkat kabupaten. Dengan kata lain, 25 orang yang terdiri dari pasukan 17 dan pasukan 8 itu merupakan orang-orang pilihan.

Baca Juga :  BNI Sekadau Nyaris Dilahap Si Jago Merah

“Jadi harus bagus lah. Mereka itu bukan orang sembarangan,” terang Idin.

Seperti diketahui, setiap tahun pengibaran bendera pada HUT RI akan dilakukan oleh anggota Paskibra yang terdiri dari pelajar SMA/sedejarat. Mereka bertugas bersama dengan 45 pasukan gabungan dari TNI dan Polri.

“Untuk latihan gabungan dengan TNI/Polri, sudah dimulai sejak Sabtu kemarin. Selain itu, juga dilakukan latihan gabungan dengan tim drum band Sekadau,” pungkas Idin. (Mus)

Comment