Bupati Sintang Hadiri Pisah Sambut Pastor Paroki Santo Yusuf Senaning

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri malam pisah sambut Pastor Paroki Santo Yusuf Senaning yang dilaksanakan di Halaman Gereja Paroki Santo Yusuf Senaning Ketungau Hulu, Sabtu, (5/8).

Pastor Paroki Santo Yusuf Senaning yang baru yakni Petrus Apot, Pr akan menggantikan Joseph Christpinus, Pr yang sudah bertugas selama 7 tahun.

Bupati Sintang, Jarot Winarno dihadapan Uskup Sintang Samuel Oton Sidin, OFM. Cap dan seluruh umat yang hadir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang memiliki kehendak yang baik, untuk membantu berbagai kegiatan agama dalam meningkatkan kerohanian apapun agamanya baik Khatolik, Islam, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu. Semua kami perhatikan.

“Karena kami bertekad mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sintang yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera dengan ditopang tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Pada poin religius kita membuat instrument bahwa dana bantuan dari Pemkab Sintang terus mengalir untuk kegiatan keagamaan. kami sadar kegiatan kepemerintahan tanpa adanya dukungan dari para pemimpin umat dan masyarakat tentu tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, Pemerintah Kabupaten Sintang selalu mendengar dan meminta nasehat dan pendapat kepada rohaniawan dan pemuka agama, sebab masukan dari pemuka agama dapat kita tampung sebagai pesan pembangunan dan kritikan pembangunan kepada pemerintah dalam hal yang positif. Dampak dari sebuah pembangunan tentunya tidak terlepas dari rohaniawan, muntuk bisa menuntun, mendampingi umat untuk menghadapi kemajuan era modernisasi yang sekarang semakin maraknya,” terang Bupati.

Baca Juga :  Bupati Jarot Ikuti Sosialisasi Gemarikan

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Ketungau Hulu khususnya umat Khatolik, untuk bersama-sama membangun wilayah perbatasan ini. Kita kerjakan bersama-sama, dan sama-sama bekerja, sebab wilayah kita ini merupakan beranda terdepan NKRI dengan wilayah Malaysia, sehingga situasi seperti ini harus ada dukungan dan kerjasama antara pihak Pemerintah dengan masyarakat khususnya umat Khatolik. Saya berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan alam yang ada di sekitar wilayah Ketungau Hulu ini,” pesan Bupati.

Sementara Pastor Joseph Christpinus, Pr seorang imam projo yang sudah bertugas di Senaning selama 7 tahun dalam kesan dan pesannya menceritakan saat datang ke Senaning pertama kalinya merasa sangat berbahagia sebab langsung diterima baik oleh masyarakat dan umat khatolik di wilayah Senaning ini.

“Saya mengabdi di Paroki Santo Yusuf mulai dari tahun 2010. Semenjak hadir disini saya tetap menjaga dan menghormati masyarakat dan umat. Saya menyadari pasti ada kesalahan yang telah diperbuat selama mengabdi di paroki ini, semoga dapat dimaklumi. Saya minta kepada umat agar dapat mengontrol diri, menjaga diri baik-baik jangan  tergoda imannya, bersama-sama kita teguhkan kuatkan pikiran dan iman kita agar selalu menjadi umat yang bertakwa,” tutur Pastor Joseph Christpinus, Pr.

Baca Juga :  Ini Motif Penusukan Terhadap Kepala Sekolah di Sintang

Pastor Petrus Apot, Pr sebagai Pastor Paroki Santo Yusuf Senaning yang baru menyampaikan sangat bergembira dan bahagia bisa menjadi pastor paroki di wilayah Senaning ini.

“Dengan pergantian pastor yang dilaksanakan saat ini, semoga masyarakat dan umat dapat membantu pelayanan saya dalam melaksanakan pelayanan terhadap umat untuk dalam halnya beribadah, dan yang paling penting ialah kita harus dapat berkontribusi nyata untuk pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Sintang khususnya wilayah Senaning ini,” terang Pastor Petrus Apot, Pr yang sebelumnya bertugas di Kabupaten Melawi.

Sementara Ketua Panitia Pisah Sambut, Oktavius dalam laporannya menyampaikan Gereja Paroki Santo Yusuf Senaning ini telah dipimpin oleh Pastor Joseph Christpinus selama 7 tahun, tentunya dengan berbagai kegiatan keagamaan telah kami lakukan bersama-sama dengan umat.

“Kami juga sampaikan selamat bertugas ditempat yang baru untuk Pastor Joseph Christpinus, Pr, dan selamat datang kepada Pastor Petrus Apot, Pr semoga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi umat Khatolik di wilayah Senaning ini, kami juga ucapkan terimakasih kepada Bupati Sintang yang telah bersedia hadir di tengah tengah masyarakat di wilayah Ketungau Hulu ini,” terang Oktavius. (Sg)

Comment