Bupati Ramah Tamah Bersama Calon Jamaah Haji Kabupaten Sintang

Musim Haji Tahun 1438 H / 2017 M

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menggelar ramah tamah bersama 124 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Sintang musim haji tahun 1438 H / 2017 M yang dilaksanakan di aula pondopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Senin (7/8).

Turut dihadiri Komandan Batalion 642 Kapuas, Setda Sintang, beserta unsur Forkopimda Sintang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Jarot mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang yakin bahwa CJH Sintang sudah siap jasmani dan rohani dalam melaksanakan ibadah haji tahun ini untuk  menunaikan rukun Islam yang kelima.

Dalam hal ini yang paling utama dan terutama menjaga fisik para jamaah karena akan merasakan suhu yang mencapai 50 derajat celcius. Jadi dihimbau para jamaah harus banyak minum air mineral karena akan menguras fisik para jamaah karena akan terkena panas matahari dalam waktu yang cukup lama.

Bupati juga menghimbau kapada para jamaah agar berhati-hati dalam menjaga kesehatan karena akan berkumpul dengan jutaan dengan jamaah haji yang ada dari berbagai negara lain.

Baca Juga :  Sekda Buka Seminar Kelola Konflik Bangun Perdamaian

Tentu harus menjaga situasi itu karena bisa memudahkan penularan penyakit kepada para jamaah haji, oleh sebab itu penting bagi para jamaah untuk melakukan vaksin minigitis untuk mencegah terjangkit virus yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Dan vaksin monogrogolis untuk mencegah inveksi paru-paru, karena penyakit yang paling umum dan sering dialami para jamaah adalah mengalami batuk-batuk tentu situasi itu memudahkan penularan kepada para jamaah.

“Ada salah satu virus yang nama corona, virus ini sangat cepat proses penularannya, kepada para jamaah harus mengunakan masker dan jangan memakan makanan sebelum mencuci tangan terlebih dahulu,” pesan Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa jamaah harus ikhlas karena para jamaah merupakan tamu Allah karena kita melaksanakan rukun haji yang wajib.

“Dan kita harus sabar karena kita dituntut kesabaran dalam melaksanakan ibadah haji, supaya kita bisa menjadi haji yang mabrur dan dapat menjadi contoh haji yang baik bagi jamaah haji yang akan datang,” terang Bupati.

Baca Juga :  Sekda Buka Rapat Rekonsiliasi dan Evaluasi PAD Sintang

Sementara Plt Kepala Kementrian Agama Kabupaten Sintang, H Anuar Akhmad, S.Ag dalam laporannya mengatakan jumlah CJH Kabupaten Sintang berjumlah 124 orang yang akan berangkat menuju tanah suci.

“Kuota Kabupaten Sintang 138 orang, dari jumlah kuota 138 orang tersebut ada 14 jamaah yang tidak jadi berangkat karena berbagai faktor yang tidak memungkinkan untuk diberangkatkan sehingga total keseluruhan yang berangkat 124 jamaah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan tujuan penyelengaraan ibadah haji adalah untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jamaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya dengan ketentuan ajaran agama Islam.

Sintang termasuk kloter 13 gelombang pertama yang bergabung dengan Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang dan Singkawang.

Jumlah Calon Jamaah Haji Kabupaten Sintang 124 orang dengan rincian

– Laki               : 57 Orang

– Perempuan   : 67 Orang

– Tertua           : Umur 87 Tahun

– Termuda       : Umur 26 Tahun

(Sg/Hms)

Comment