Angin Kencang Sebabkan Tower Triangle Kominfo Roboh

Angin Kencang Sebabkan Tower Triangle Kominfo Roboh (Foto: Ian)
Angin Kencang Sebabkan Tower Triangle Kominfo Roboh (Foto: Ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Angin kencang dan hujan lebat menyebabkan robohnya tower Triangle milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya pada hari Sabtu 5-7-2017 kemarin, yang menyebabkan lumpuhnya jaringan internet dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah maupun jaringan internet Kantor Camat se-Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kubu Raya, Herry Purwoko mengatakan robohnya tower tersebut akibat terjangan angin kencang yang menyebabkan sebatang pohon yang menimpa badan tower.

“Kita masih menungga berita acara tentang kronologis atas robohnya tower Kominfo dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sejatinya memang pada hari Sabtu kemarin, telah mendapatkan laporan dari petugas Cakra, adanya pohon tumbang yang menabrak ke Labran, sehingga badan tower pada bagian atas tumbang,” ujarnya, di Kantor Kominfo, Senin (7/8).

Tower Triangle, dikatakan Herry merupakan sentral jaringan yang terkoneksi ke lintas SKPD, Kantor Camat, serta Kantor Desa seKabupaten Kubu Raya. Kendatipun usia bangunan tower yang sudah cukup lama namun masih layak digunakan.

“Umur tower triangle ini, berdiri pada tahun 2009 dengan volume bandwidth yang rendah pada saat itu. Namun keadaan sekarang semua SKPD telah memakai bandwidth dari tower ini sehingga dengan posisi triangel saat ini akan lebih baik lagi ada perubahan tanpa menggunakan labran sehingga bangunan tower tersebut lebih kokoh dan kuat,” jelasnya.

Dirinya berharap hari ini jaringan internet sudah bisa kembali normal. Untuk itu pihaknya akan memanuver jaringan melalui Kantor Bupati Kubu Raya untuk menormalkan kembali jaringan internet khususnya pada SKPD yang bersifat pelayanan publik.

“Di Kantor Bupati Kubu Raya sudah ada tiang Monopole itu akan kita jadikan jaringan backbone untuk mensupport banwidht ke arah SKPD-SKPD. Terutama komplek kantor terpadu di Kecamatan Sungai Raya. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sendiri masih ikut jaringan disini,” ungkapnya. (Ian)

Tinggalkan Komentar