Hadiri Tablig Akbar, Bupati Sintang Ajak Perkuat Ukhuwah Islamiyah

Hadirkan Ustadz Wijayanto

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri Tablig Akbar yang menghadirkan penceramah nasional yakni Ustad Wijayanto yang juga dihadiri unsur forkopimda, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Sultan Sintang, pihak terkait lainnya dan  ribuan masyarakat Muslim Kabupaten Sintang di GOR Apang Semangai, Jumat malam (4/8).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan sebagai Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menyambut baik atasa terselengaranya Tablig Akbar tersebut. Bupati menerangkan Tablig Akbar ini merupakan ajang tali silaturahmi bagi masyarakat Muslim di Kabupaten Sintang, meskipun hari raya Idul Fitri sudah berlalu namun suasananya tetap masih terasa sehingga penting bagi kita untuk saling berkumpul bersama melului Tablig Akbar ini.

“Tujuan yang nomor satu Tablig Akbar ini adalah silaturahhim kita bisa berkumpul, sebenarnya kita berharap masih dalam bulan Syawal, tapi maaf-memaafkan juga tidak harus di bulan Syawal, kapanpun kita ketemu, kalaulah kita belum sempat berjumpa izinkan saya atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab Sintang mohon maaf lahir dan batin, barangkali saya pribadi serta selaku Bupati dalam menjalankan tugas masih jauh dari harapan masyarakat saya mohon maaf,” tutur Bupati.

Yang kedua, Bupati menerangkan bahwa Tablig Akbar ini juga untuk mewujudkan Ukhuwah Islamiyah sebagai modal besar bagi kita untuk menunjukan diri kita sebagai umat yang menjunjung Ukhuwah Batiniyah dan Basariyah sehingga kita bisa menjadi lokomotiv untuk mempersatukan masyarakat kabupaten sintang ini secara bersama sama dengan umat lainnya.

“Dengan kegiatan ini Insha Allah, Ukhuwah Islamiyah bisa terwujud sebagai modal besar kita untuk menunjukan bahwa kita adalah umat yang menjunjung Ukhuwah Batiniyah dan Basariyah sehingga kita bisa menjadi lokomotiv untuk mempersatukan masyarakat Kabupaten Sintang ini secara bersama-sama dengan umat lainnya,” terang Bupati.

BACA JUGA:  Dekranasda Sintang Siap Lakukan Terobosan

Sementara itu Ustadz Wijayanto mengaku bangga bisa hadir ditengah-tengah ribuan masyarakat Muslim Kabupaten Sintang ini, ia juga mengajak umat Islam di Kabupaten Sintang untuk menjaga rasa kebersamaan tanpa memandang suku, agama dan golongan, terlebih dirinya mendegar Kabupaten Sintang hingga saat ini selalu hidup rukun di tengah perbedaan yang ada.

“Saya mengajak umat Islam disini menjaga kebersamaan melalui Ukhuwah Islamiyah, sehingga rasa kebersamaan tetap terjaga, karena saya mendengar Kabupaten Sintang ini adem ayem saja tidak terpengaruh dengan situasi diluar, untuk itu peran umat Islam Kabupaten Sintang juga harus nyata bahwa Sintang ini selalu aman dan damai,” ungkap Ustadz Wijayanto.

Selain itu, Ustadz Wiayanto juga mengajak umat Islam di kabupaten sintang mengingat tentang kematian, karena kematian itu pasti tidak mengenal usia baik tua maupun muda.

Untuk itu dalam menghadapinya kita harus mempersiapkan diri dengan selalu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

“Kematian itu tidak kenal usia, mau muda atau tua, untuk itu saya mengajak umat Islam di Kabupaten Sintang khsusnya yang hadir Tablig Akbar ini selalu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya,” jelas Ustadz Wijayanto.

Dirinya juga mengajak bagi pasangan suami istri untuk saling mejaga hubungannya dan keluarganya dengan menghindari hal-hal yang bisa merusak hubungan dalam keluarga itu, seperti selingkuh, hindari KDRT, dan lainnya.

“Bapak ibu harus menjaga hubungannya baik sebagai suami, istri maupun anak dengan menghindari berbagai hal yang bisa merusak keluarga itu seperti KDRT, perselingkuhan dan lainnya yang bisa merusak keluarga sendiri,” pungkasnya. (Sg/Hms)

Comment