Wabup Sintang Letakan Batu Pertama Pembangun Jembatan Sungai Dahange

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang terus membangun infrastruktur menuju Nanga Kemangai, Kecamatan Ambalau. Setelah jalan dibuka, satu persatu jembatan menuju Nanga Kemangai dibangun.

Sebelumnya, Pemkab Sintang sudah membangun jembatan Sungai Demu, Jembatan Sungai Tempe dan Jembatan Sungai Mentibar, saat ini Pemkab Sintang akan membangun Jembatan Sungai Dahange.

Wakil Bupati Sintang, Askiman saat kunjungan kerja ke Kecamatan Ambalau, berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Jembatan Sungai Dahange, Selasa (1/8).

Wabup saat berada dilokasi pembangunan jembatan menjelaskan bahwa sesuai dengan kebijakan strategis Pemkab Sintang yang tertuang dalam prime mover, ada kebijakan untuk membangun Sintang dari pinggiran.

“Kita sejak tahun 2016 sudah memulai pembangunan jalan dan jembatan dari Kecamatan Serawai menuju Kecamatan Ambalau. Tahun 2017 ini kita mulai membangun Jembatan Sungai Dahange. Ini merupakan wujud nyata dan tekad kami agar pada tahun 2021 nanti, kendaraan roda empat sudah bisa tiba di Nanga Kemangai tanpa kendala. Pada tahun 2016 lalu, kita sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk membangun jalan sampai ke Nanga Kemangai. Saya berharap agar proses pembangunan jembatan sungai dahange ini lancar dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya juga meminta kepada masyarakat untuk memberikan peluang kepada para pekerja untuk mengerjakan proyek ini agar berjalan lancar. Dan apabila ada kendala, saya minta didiskusikan secara baik bersama Pemkab Sintang,” pinta Wabup Askiman.

Pembangunan jembatan sungai dahange yang akan menghubungkan dua kecamatan yakni Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau tepatnya di Dusun Dahange, Desa Sawang Sengiang, Kecamatan Serawai dengan anggaran yang bersumber dari DAK Penugasan Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp4 milyar dengan waktu pengerjaan 180 hari kalender dan pemeliharaan 180 hari kalender.

BACA JUGA:  Hilal Dinyatakan Terlihat, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1439 Hijriyah Pada 15 Juni 2018

Camat Serawai, Oktavianus Harsumpeda mengharapkan agar jembatan bisa dikerjakan dengan baik dan selesai tepat waktu karena merupakan penghubung antara Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau.

“Memang yang lebih banyak menggunakan jembatan ini adalah masayarakat Kecamatan Ambalau, karena merupakan akses utama menuju Nanga Kemangai. Selama ini akses masyarakat ke Nanga Kemangai sangat sulit. Mudah-mudahan dengan terbangunnya jembatan ini bisa mempermudah akses ekonomi, pendidikan, lalu lintas dan sektor lainnya bisa berjalan lancar untuk kebutuhan hidup masyarakat. Kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Sintang yang kami anggap sudah fokus membangun wilayah Serawai Ambalau. Buktinya anggaran pembangunan cukup besar untuk wilyah Serawai Ambalau,” terang Oktavianus Harsumpeda.

Sementara Sekretaris Desa Sawang Sengiang, Rosmini menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih karena pembangunan jembatan sungai dahange ini.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Wakil Bupati Sintang menyempatkan diri untuk meletakan batu pertama pebangunan jembatan ini. Mewakili masyarakat Desa Sawang Sengiang, kami berharap proses pembangunan jembatan bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu sehingga akses masyarakat bisa lancar demi menggerakan roda kehidupan kami di daerah perhuluan seperti ini,” pungkas Rosmini. (Sg)

Comment