Thamrin Usman Nyatakan Siap Maju Dalam Pilgub 2018

KalbarOnline, Pontianak – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Thamrin Usman DEA menyatakan diri siap maju dalam Pilgub 2018 mendatang. Keinginan dasar dirinya untuk maju dalam kontestasi Pilgub 2018 sebab ia menilai Kalbar membutuhkan figur yang mampu meningkatkan pendidikan.

“Kalbar ini butuh figur yang mampu menaikan status pendidikan. Karena saat ini Kalbar jauh sekali tertinggal dalam bidang pendidikan. Saat ini Kalbar kalau dirata-rata hanya kelas 2 SMP saja,” ujarnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Kalau kualitas pendidikan meningkat, lanjutnya, maka akan memiliki dampak yang besar. Hasil riset dari bank dunia telah menyatakan kalau pendidikan itu diungkit maka akan memberikan imbas yang besar bagi ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga :  Musrenbang RKPD Kapuas Hulu 2019, Pj Gubernur Ingatkan 10 Komitmen Bersama KPK

“Oleh sebab itu kita perlu figur yang konsen mempraktekan sehari-hari aspek pendidikan ini, agar tidak menjadi program diatas kertas saja. Saya sendiri sejauh ini sudah mendaftar di Nasdem dan nanti saya juga akan mendaftar di partai lainnya untuk diusung dalam Pilgub,” katanya.

Dirinya juga menegaskan bahwa akan melihat respon masyarakat bagaimana, terpenting menurutnya adalah keputusannya last minute.

“Kalau saya maju maka program utama saya adalah meningkatkan daya saing Kalbar dalam tiga aspek, pendidikan, ekonomi dan kesehatan,” paparnya.

Dirinya juga mengatakan kalau butuh masyarakat yang cerdas, bergizi, dan mampu membangun daerahnya dengan kekuatannya.

Baca Juga :  Besok Malam, Fourtwnty Bakal Manjakan Mata dan Telinga 4.20 Society Pontianak

“Kita miliki sumber daya alam yang luar biasa tapi kita tidak miliki SDM yang mumpuni. Oleh karena itulah konsen terhadap peningkatan SDM menjadi penting dalam memajukan Kalbar kedepannya,” jelasnya.

Thamrin juga menjelaskan tentu meningkatkan ekonomi juga harus ditunjang dengan infrastruktur, listrik, jalan dan air.

“Kita tau kalau kita di Kalbar punya SDA andalan yaitu uranium yang tidak pernah disentuh. Ini harus dimanfaatkan kedepan. Alam sekitar juga akan bisa menyediakan gizi yang baik,” tukasnya.

Dirinya juga menegaskan siap mundur dari statusnya saat ini sebagai Rektor Untan jika maju dalam perhelatan pemilihan Gubernur. (Fai)

Comment