Banjar Serasan Masuk 5 Besar Lomba Kelurahan Regional Kalimantan dan Sulawesi

Wakili Kalbar ke Tingkat Nasional

KalbarOnline, Pontianak – Kelurahan di Kota Pontianak kembali menorehkan prestasi. Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur terpilih mewakili Kalbar ke tingkat nasional.

Banjar Serasan, sebelumnya menjadi juara pertama di tingkat provinsi, kemudian masuk lima besar pada tingkat regional dari sekitar 1.500 kelurahan yang ada di Kalimantan dan Sulawesi.

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, bersyukur dan berharap Kelurahan Banjar Serasan bisa masuk di tingkat nasional kembali.

“Saya berharap Kelurahan Banjar Serasan bisa lanjut mewakili Pontianak hingga ke tingkat nasional. Kita bangga dan sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih ini,” ujarnya saat menghadiri penilaian lomba kelurahan tingkat regional di Kantor Lurah Banjar Serasan, seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Baca Juga :  Mahupiki Sebut Seluruh Proses Pembuatan KUHP Nasional Sudah Menampung Aspirasi Publik

Edi menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga indikator yang menjadi penilaian. Mulai dari bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Selain itu, ia juga mengatakan dengan adanya lomba ini dapat memacu kelurahan dalam mempercepat pemberdayaan masyarakat, tidak hanya Kelurahan Banjar Serasan namun untuk semua kelurahan yang ada.

“Semoga bisa memberikan motivasi aparat kelurahan dan masyarakat di kelurahan tersebut, bersaing secara sportif dan positif dalam membenahi administrasi dan membangun kelurahan masing-masing,” jelasnya.

Saat ini juga dikatakannya pelayanan di kelurahan sudah berbasis elektronik, dengan adanya layanan ini diharapkan lebih mempermudah masyarakat yang akan berurusan.

Baca Juga :  Jokowi Perintahkan KLHK dan Korporasi Besar Lakukan Persemaian

Sementara di Kelurahan Banjar Serasan sendiri juga ada pemanfaatan teknologi lain yaitu Sipaten El, sistem pengaduan melalui SMS, Wa grup RT/RW, Wa grup Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Dengan demikian permasalahan akan cepat terdeteksi serta cepat penyelesaiannya, mempercepat jalur koordinasi,” jelasnya.

Edi juga meminta semua semua kelurahan untuk tidak henti-henti membuat inovasi. Saat ini Pemkot Pontianak memang dikenal sebagai kota yang penuh akan inovasinya.

Ia menekankan untuk kelurahan seharisnya melakukan inovasi-inovasi sesuai dengan potensi yang ada di wilayah masing-masing. (Fai)

Comment