Tampil Modis dan Cantik saat Hamil

Saat hamil, Mums tentu mengalami banyak perubahan, mulai dari perubahan fisik sampai perubahan emosional. Perubahan fisik yang pasti terjadi dan paling menonjol adalah ukuran perut yang membesar. Beberapa perubahan pada kulit terutama wajah juga akan muncul. Perubahan-perubahan ini mungkin akan membuat Mums merasa kurang percaya diri.

Jangan khawatir, Mums tetap bisa tampil cantik dan modis kok saat hamil. Persiapan dan pilihan yang tepat akan membuat Mums tampil segar dan menawan meski tubuh mengalami kenaikan berat badan. Jangan sampai kehadiran janin dalam kandungan malah membuat Mums bingung dan tidak percaya diri, ya.

Pemilihan pakaian dan perawatan wajah memang bukan urusan yang mudah. Pakaian yang terbatas atau tidak bisa mix and match akan membuat tampilan menjadi aneh. Untuk produk kecantikan pun Mums perlu teliti dalam memilih karena terdapat bahan-bahan yang bisa berbahaya untuk janin. Jangan pusing, Mums, ini dia beberapa tips yang bisa Mums ikuti agar Mums tetap cantik dan fashionable.

Baca juga: Masalah Kulit yang dialami Saat hamil

Mix and Match Pakaian saat Hamil

Siapa bilang dengan perut yang semakin besar saat hamil, Mums tidak bisa tampil cantik dan modis? Penggunaan pakaian yang tepat dijamin bisa membuat Mums tampil berbeda deh dan tentunya juga fashionable. Nah, berikut ini beberapa tips memilih pakaian saat hamil.

1. Cek lemari pakaian

Pertama, cek kembali lemari pakaian Mums and Dads. Coba deh bongkar isi pakaian di dalamnya, mungkin saja ada beberapa potong atasan dan bawahan seperti celana atau rok Mums yang berukuran cukup besar atau memiliki bagian pinggang dengan bahan elastis sehingga bisa Mums pakai saat hamil.

Beberapa bulan pertama, pakaian longgar milik Mums atau Dads masih bisa Mums pakai kok, karena biasanya ukuran dan bentuk badan baru mengalami banyak perubahan di usia kehamilan trimester kedua. Mums bisa menambah sentuhan kalung atau gelang agar pakaian lama Mums atau kemeja suami bisa tetap menonjol.

2. Pilih pakaian transisi

Jika Mums tidak bisa menemukan pakaian yang muat dipakai dari lemari Mums dan suami, maka Mums punya pilihan untuk meminjam pakaian dari kerabat atau membeli pakaian baru. Pada trimester awal, jangan terburu-buru membeli pakaian hamil, Mums. Pakaian tersebut bisa terlalu besar pada awalnya namun bisa jadi tidak muat saat kehamilan Mums mulai besar.

Baca Juga :  Penyebab Warna Urine Berubah Selama Hamil

Untuk trimester pertama, Mums bisa membeli pakaian transisi yang bukan pakaian khusus ibu hamil, namun cukup besar dan longgar untuk bisa Mums pakai. Pakaian ini bisa Mums pakai kembali setelah melahirkan lagi nanti. Kehamilan merupakan masa yang singkat dan Mums membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk itu.

3. Tunjukkan lekuk tubuh Mums

Sudah tidak zaman deh menutupi perut ibu hamil yang mulai buncit. Saat ini banyak ibu hamil yang tidak malu untuk menunjukkan lekuk tubuh mereka, lho. Jangan ragu Mums, kehamilan merupakan tanda kesempurnaan Mums sebagai seorang wanita. Pakaian dengan warna cerah bisa menjadi alternatif. Warna cerah juga akan memberi kesan segar karena biasanya ibu hamil suka malas berdandan.

Namun, ini kembali kepada selera Mums. Jika Mums tidak ingin menunjukkan kehamilan, Mums bisa memilih pakaian yang sangat longgar atau busana dengan warna-warna gelap seperti hitam, biru tua dan cokelat yang bisa memberi kesan langsing pada tubuh Mums.

4. Pilih sepatu yang tepat

Hamil akan membuat bagian panggul Mums melebar untuk memberi jalan bayi saat proses persalinan. Perubahan ini juga berdampak pada kaki yang ikut melebar dan berdampak pada sepatu lama yang mulai terasa sempit dan sesak. Hormon kehamilan yang berperan dalam pelebaran panggul tersebut juga membuat persendian menjadi longgar sehingga Mums sulit menjaga keseimbangan.

Untuk menanggulanginya, sementara waktu hindari sepatu high heels atau stiletto. Pilih sepatu dengan sol datar dan tidak terlalu sempit, misalnya jenis flat shoes atau slippers (sandal). Agar tetap tampil gaya, Mums bisa memilih desain yang unik dan funky, jangan takut untuk melakukan perubahan penampilan Mums, ya.

5. Tetap elegan

Tidak perlu menghindar ketika Mums diundang untuk menghadiri acara formal. Mums tetap bisa tampil elegan dengan pilihan gaun yang tepat. Mums bisa memilih gaun bergaya peplum atau maxi dress dengan kerah halter. Jika acara yang Mums hadiri tidak terlalu resmi, bisa pilih loose dress atau empire waist dress. Tetap cantik dan anggun saat hamil? Tentu bisa.

Baca Juga :  Apa yang Harus Dilakukan Jika Gerakan Janin Melambat?

6. Jangan lupakan detail kecil

Mums bisa memanfaatkan masa kehamilan ini untuk menggunakan kaos desain lucu yang menandakan kalau Mums sedang hamil. Kaos ini memiliki tema-tema lucu dan bisa Mums temua di toko online, misalnya dengan tulisan “I love my bump”.

Jangan lupakan aksesoris terutama saat Mums memakai busana dengan warna polos. Gunakan aksesoris seperti gelang, kalung, anting atau scarf dengan desain etnik dan warna cerah. Aksesoris juga bisa mengalihkan pusat perhatian dari perut buncit Mums, jika aksesoris yang Mums gunakan cukup stand out.

Bentuk wajah yang menjadi lebih berisi dan chubby bisa Mums koreksi dengan memilih pakaian dengan model kerah V. Kerah model V dapat memberi efek garis tubuh yang lebih panjang dan mengoreksi bentuk wajah Mums yang bulat.

Tetap Cantik dan Segar saat Hamil

Untuk melengkapi penampilan Mums, tentu wajah Mums juga harus terlihat segar dong. Akan tetapi, lonjakan hormonal dalam tubuh ibu hamil juga memengaruhi kulit wajah. Ada Mums yang menjadi berjerawat atau timbul flek-flek hitam.

Masalah-masalah tersebut bisa Mums atasi dengan melakukan perawatan yang benar. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah dan gunakan pelembap bertekstur ringan. Sedangkan untuk flek-flek hitam, lakukan pencegahan dengan memakai tabir surya saat harus beraktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa untuk memerhatikan bahan-bahan dalam produk kecantikan yang Mums pakai, ya. Beberapa zat dapat berbahaya bagi janin misalnya, merkuri, retinoid, dan salicylic acid. Untuk itu, lebih baik gunakan produk-produk berbahan alami yang telah tersertifikasi.

Baca juga: Bahayakah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

Referensi

Baby Gaga. “20 Tips For Maternity Fashion For Every Mom-To-Be“.

Parenting First Cry. “10 Simple Pregnancy Beauty Tips“.

Savour Flair. “10 Style Rules Every Pregnant Woman Should Know“.

Comment