Kerajinan Tangan Sekadau Buat Kagum Pengunjung APKASI Expo 2017

KalbarOnline, Sekadau, Jakarta – Pengrajin asal Kabupaten Sekadau unjuk kebolehannya dalam APKASI Expo 2017, di Hall A dan B JCC, Jakarta. Pengunjung dibuat terkagum-kagum karena kebolehan atau keterampilan para pengrajin, baik itu tenun, menganyam hingga memahat.

Salah satu pengunjung dari MNC Group, Betty mengaku tertarik dengan kerajinan tangan dan tenun tersebut. Apalagi, peralatan tenun ikat atau sal, pembuatan ketoyo dan seni pahat itu dibawa langsung dari Sekadau.

“Saya baru pertama kali melihat langsung proses pembuatan kerajinan tangan seperti ini,” ujarnya singkat.

Baca Juga :  Safari Ramadhan ke Sekadau, Wasek Tanfidziyah PWNU Kalbar: NU Tolak Keberadaan Organisasi Anti Pancasila

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan bahwa kerajinan tersebut perlu dikembangkan dan harus dipromosikan. Selain itu, kata dia, generasi muda juga harus mau menumbuhkan minatnya dan belajar.

“Belajar menganyam, menenun jangan hanya orang tua saja. Kalau generasi muda tidak mau belajar siapa yang akan melestarikan budaya yang kita punya,” tuturnya.

Baca Juga :  Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RSPP Simprug Mulai Penuh, Pasien Antre

Untuk itu, kata dia, Sekadau juga harus mampu bersaing baik di pasar nasional bahkan internasional. Hal ini tentunya dapat membuka peluang bagi generasi muda, terutama di bidang ekonomi kreatif.

“Ini membuka peluang bagi generasi muda untuk berwirausaha mandiri,” pungkasnya. (Mus/Hms)

Comment