Categories: Sekadau

Sulap Besi Bekas Jadi Alat Transportasi Air

KalbarOnline, Sekadau – Jika besi bekas yang sudah tak terpakai dijual dengan seharga sekitar Rp2.000/kg, lain cerita seorang tukang las beralamat di Jalan Sintang Penanjung, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, memanfaatkan besi bekas dan dijadikannya sebuah alat transportasi air.

Seorang tukang las yang bernama Dedi, menggunakan kesempatan waktu luang untuk merakit besi bekas menjadi sebuah badan speedboat.

Yang bikin unik, badan speedboat biasanya menggunakan bahan fiber, lain cerita badan speedboat buatan pak Dedi semuanya menggunakan bahan besi bekas.

Siapapun tahu besi pasti tenggelam didalam air, sedangkan badan speedboat buatan Pak Dedi semuanya bahan dari besi, tapi badan speedboat buatan Pak Dedi memiliki dua batang besi panjang kosong sebagai pengaman atau telampung yang terletak sebelah kanan dan kiri sehingga badan speedboat tidak mudah oleng.

Badan speedboat hasil rakitan Pak Dedi masih dalam proses pembuatan, banyak besi yang belum terpasang di badan speedboat tersebut, termasuk 2 (dua) buah pintu masuk sebelah kanan dan kiri, kemudian 2 (dua) buah telampung penahan badan speedboat juga belum di pasang,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Pak Dedi, pengerjaan speedboat tersebut dikerjakan sebelum lebaran kemarin, “sebab tidak ada waktu banyak untuk mengerjakan badan speedboat tersebut, dikarenakan berbagi waktu dengan pekerjaan yang lain,” ungkapnya.

Pak Dedi memperkirakan, Kemungkinan lebih dari 2 (dua) minggu speedboat buatannya itu selesai dan bisa digunakan di Sungai Sekadau.

Sebelumnya, Pak Dedi termasuk orang yang hobi memancing ikan, biasanya Pak Dedi memancing ikan di Sungai Sekadau menggunakan sampan, dikarenakan sampan tidak ada atapnya dan sering terkena hujan, oleh karena itu ia mencoba untuk merakit besi bekas dijadikan badan speedboat yang dipakai untuk pribadi. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Hasil Pemilu 2024, Lebih Separuh DPRD Kapuas Hulu Diisi Wajah Baru 

KalbarOnline, Putussibau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu baru saja menggelar rapat pleno…

2 hours ago

Januari hingga April 2024, Ada 1.561 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat mencatat ada 1.561 kasus Gigitan Hewan…

3 hours ago

Pemkab Kapuas Hulu Kalah di PTUN Pontianak

KalbarOnline, Putussibau - Majelis hakim PTUN Pontianak mengabulkan permohonan perkara atas nama Floradarosari yang merasa…

3 hours ago

Ini Daftar Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2024

KalbarOnline, Kuhu Raya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya telah menetapkan 45 nama…

3 hours ago

Ini Daftar Anggota DPRD Kota Pontianak Terpilih Hasil Pemilu Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak telah menetapkan 45 nama Anggota Dewan…

3 hours ago

Pemprov Kalbar Siapkan Puluhan Penari Terbaik pada Momen HUT Kemerdekaan 17 Agustus di IKN

KalbarOnline, Pontianak - Peringatan 17 Agustus 2024 bakal menjadi momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik…

4 hours ago