Kenalkan Nama-nama Pahlawan Kalbar di Kalangan Pelajar

Pemkot Gelar Upacara Hari Berkabung Daerah

KalbarOnline, Pontianak – Memperingati Peristiwa Tragedi Mandor yang telah banyak memakan korban kala penjajahan Jepang pada tahun 1944 silam, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar upacara di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (6/7).

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji berharap, ada suatu kemajuan atau progress yang membekas dalam tindakan untuk mengenang jasa-jasa mereka yang menjadi korban keganasan Jepang. Dirinya prihatin, masih banyak pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA yang mungkin tidak pernah mendengar nama-nama pahlawan Kalbar, atau kalaupun pernah mendengar, hanya segelintir nama.

“Untuk mengenang dan mengenalkan para pahlawan Kalbar di kalangan pelajar, Dinas Pendidikan bisa saja memberi nama para pahlawan tersebut pada setiap kelas,” usulnya.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Sebut Relawan PMI Seorang yang Selalu Bahagia Dalam Kondisi Apapun

Selain itu, Dinas Sosial semestinya membuat prasasti yang memuat minimal nama-nama korban yang disebutkan dalam sejarah singkat Peristiwa Mandor di tempat-tempat umum, misalnya di Taman Alun, Taman Digulis dan lainnya.

“Sekarang ini jangankan nama Pahlawan Kalbar, orang melihat Tugu Digulis kenapa bambu runcingnya ada 11 jumlahnya, atau kenapa namanya Digulis saja banyak yang tidak tahu,” sebut Sutarmidji.

Hal ini, kata dia, karena masih banyak yang tidak mau belajar dan tidak mau membuat progress yang semakin baik untuk mengenang peristiwa berdarah itu.

“Saya berharap semuanya terus berbuat untuk kemajuan Kota Pontianak sebagai bagian penghargaan kita kepada para pejuang yang telah menjadi korban keganasan Jepang,” pungkasnya.

Baca Juga :  Edi Kamtono: Peringatan HANI Sebagai Warning Bahaya Narkoba

Peristiwa Mandor adalah peristiwa pembantaian massal yang menurut catatan sejarah terjadi pada tanggal 28 Juni 1944. Peristiwa Mandor ini sendiri sering dikenang dengan istilah Tragedi Mandor Berdarah yaitu telah terjadi pembantaian massal tanpa batas etnis dan ras oleh tentara Jepang.

Peristiwa ini ditetapkan sebagai Hari Berkabung Daerah yang diperingati setiap tanggal 28 Juni sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada 28 Juni Sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat. (Fat/Jim Hms)

Comment