Wabub Sekadau Hadiri Fokus Grup Diskusi Penanganan Karhutla

Wabup: Penanganan Karhutla Harus Sampai Pada Desa

KalbarOnline, Sekadau – Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH., M.Si turut menghadiri kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) penanganan Karhutla yang dilaksanakan oleh Polda Kalbar, Pangdam XII Tanjung Pura, Dinas Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalbar di Mahkota Hotel, Selasa, (23/5/2017).

Wakil Bupati Sekadau Aloysius berharap regulasi penangan Karhutala di Kalbar ini harus sampai pada tingkat pemerintahan yang paling bawah yaitu desa.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Teken MoU Kepesertaan JKN-KIS Dengan BPJS Sintang

“Kerjasama ini dimulai dari Pemerintah Daerah, Kepolisian TNI bahkan sampai ke masyarakat desa,” paparnya.

Menurut Wabup permasalahan yang masih ada sekarang ini terkait dengan Karhutla adalah masalah kebiasaan adat berladang. Kebiasaan adat seperti ini perlu dicari jalan keluar. Selain itu dalam penanganan masalah karhutla terkait dengan kebiasaan berladang ini juga diharapkan pihak keamanan bisa melakukan tindakan persuasif kepada masyarakat.

“Penangan karhutla bisa dilakukan oleh pihak kemanan dengan cara persuasif kepada masyarakat. Berikan penjelasan kepada masyarakat bahwa tidak boleh lagi melakukan pembakaran hutan, kalau hal itu dilakukan maka akan diberikan hukuman atau sanksi, dengan demikian masyarakat bisa mengetahui, tetapi juga dengan memberikan solusi karena itu yang mereka harapkan dari kita,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Idul Fitri, Disperindagkop Sekadau Gelar Pasar Murah

Wabup berharap kepada semua elemen masyarakat di kabupaten Sekadau untuk aktif menyatukan langkah dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan khususnya. (Mus/Hms)

Comment