Gelar Aksi dan Orasi di Bundaran Tugu Pancasila

Efi Fitriani: Stop Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Permasalahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak masih saja terjadi di Indonesia. Sebagai upaya dan langkah untuk menghentikan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PD NA) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar aksi STOP Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di bundaran Tugu Pancasila Putussibau, Kamis (18/5).

Kepada KalbarOnline, Sekretaris PD NA Kabupaten Kapuas Hulu, Efi Fitriani mengatakan, latar belakang aksi ini dikarenakan banyaknya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik itu kekerasan fisik maupun penyimpangan seksual, yang mana korban sendiri tidak mau melaporkan, karena korban sendiri bingung mau melaporkan kemana.

Baca Juga :  Puluhan Warga Tiga Desa di Lintas Utara Tuntut Kejelasan Aktifitas PT KAA

“Bahkan ada beberapa kasus hanya diselesaikan dengan cara adat, tetapi tidak kepada proses hukum Negara. Kasus tersebut terjadi  di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Efi.

“Disini kita fokus kepada angka pelecehan dan kekerasan seksual 5 tahun terakhir ini, berapa banyak yang belum terselesaikan bahkan berapa banyak yang tidak diketahui oleh instansi terkait di Kabupaten Kapuas Hulu pada khususnya,” timpalnya.

Dengan melihat data yang ada, maka Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Kapuas Hulu tergerak hati untuk mengadakan aksi STOP TIndak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

Baca Juga :  618 Orang Tenaga Guru Kontrak Kapuas Hulu Terima SK Pengangkatan

“Aksi ini kita laksanakan di berbagai sekolah di Putussibau Utara dan Putussibau Selatan dengan menyampaikan sosialisasi kepada anak anak baik di tingkat TK, SD, SMP dan SMA/ SMK tentang persoalan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak,” tukasnya.

“Untuk aksi orasi atau kampanye Stop Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak akan kita laksanakan pada jam 14.00 Wib sore ini di bundaran tugu pancasila Putussibau yang akan diikuti seluruh Pengurus Daerah NA, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemuda Muhammadiyah, Pelajar, Mahasiswa, serta masyarakat Putusssibau,” pungkas Efi. (Ishaq)

Comment