Pemkab Jayapura Puji Tata Kelola Pemerintahan Pemkot

Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Saat Menyerahkan Cindera Mata Kepada Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota (Foto: Jim Hms)
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Saat Menyerahkan Cindera Mata Kepada Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota (Foto: Jim Hms)

Dua Daerah Studi Tiru ke Pontianak dalam Sehari

KalbarOnline, Pontianak – Dalam sehari, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menerima dua rombongan dari luar Kalbar secara bersamaan, yakni dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura Provinsi Papua dan DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

Tak tanggung-tanggung, rombongan tersebut jumlah keseluruhannya hampir mencapai 150 orang. Tujuan kedatangan dua kabupaten berbeda wilayah itu untuk melakukan studi tiru terhadap inovasi dan capaian-capaian yang dilakukan Pemkot Pontianak.

Rombongan disambut secara resmi oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota, Rabu (17/5).

Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota, mengatakan bahwa kunjungan ke Pemkot Pontianak ini bukanlah kali pertama, sebab pihaknya sudah pernah berkunjung ke Pontianak pada tahun 2015 lalu. Kedatangan rombongan kali ini, kata dia, untuk mengsinkronkan penganggaran dan pengawasan serta hal lainnya setelah sebelumnya pihaknya sudah mengadopsi perencanaan yang diterapkan oleh Pemkot Pontianak.

“Selain itu, salah satu yang kami pelajari adalah bagaimana manajemen Pemkot Pontianak itu dalam e-governmentnya dan dalam memberikan pelayanan publik itu sangat terbuka, transparansi dalam pelayanan itu juga menjadi bagian dari tujuan kunjungan kerja ini,” sebutnya.

Diakuinya, Pemkab Jayapura telah tiga tahun mengadopsi sistem perencanaan yang diterapkan oleh Pemkot Pontianak. Hasil adopsi itu, pihaknya mencoba mengimplementasikan di lingkungan Pemkab Jayapura. Menurut Parson, banyak perkembangan dan inovasi yang dilakukan Pemkot Pontianak. Sebab itu, ia bersama jajaran Pemkab Jayapura menjajaki hal-hal baru lainnya untuk diimplementasikan di daerah asalnya.

“Kami memulai dengan perencanaan, sampai kepada penganggaran dan pengawasan serta pelaksanaan APBD itu sendiri,” ungkapnya.

Dirinya menilai, Pontianak kaya dengan inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan publik, termasuk dengan fasilitas Pontive Center.

“Baik dari sisi pelayanan publiknya, pertumbuhan ekonomi, sistem informasi teknologi yang digunakan Pemkot Pontianak sangat bagus,” pujinya.

Sementara, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan pihaknya akan terus melakukan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan. Selain untuk memberikan pelayanan terbaik ke warga kota, juga lantaran termotivasi atas kunjungan daerah lain yang menjadikan Pontianak sebagai lokasi studi banding dan tiru.

“Kita akan terus meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan. Tadi juga saya sempat sampaikan program unggulan, infrastruktur pelayanan publik dan sebagainya,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Tinggalkan Komentar