Disdukcapil Sintang Terima Bantuan 10 Ribu Keping Blangko e-KTP

Ilustrasi e-KTP (Foto: Ist)
Ilustrasi e-KTP (Foto: Ist)

KalbarOnline, Sintang – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang menerima suplai 10 ribu kepingan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tertanggal 25 April 2017 lalu.

Bantuan 10 ribu kepingan e-KTP setidaknya membantu pencetakan yang sempat terkendala lantaran kosongnya material kartu. Akibatnya, 26.300 e-KTP masuk daftar tunggu.

“13.300 e-KTP sudah masuk tahap cetak. 13.000 e-KTP tersisa datanya sudah diinput, tinggal tunggu database-nya masuk ke server,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Sintang, Syarif M Taufik.

Kendati demikian, Taufik mengatakan 10 ribu kepingan e-KTP belum mampu penuhi kebutuhan total. Pihaknya mengusulkan kembali permohonan kepingan e-KTP sebanyak 30 ribu kepada Pemerintah Pusat.

“Kemungkinan Mei atau Juni sudah datang. Blangko e-KTP juga diusulkan karena sekarang ada 110 desa dan 10 kelurahan baru hasil pemekaran,” ungkapnya.

Saat ini pencetakan e-KTP sudah normal kendati sempat alami kendala teknis selama seminggu pasca kedatangan 10 ribu kepingan e-KTP. Kendala diakibatkan perubahan versi mesin cetak dari 4,7 menjadi 5,0.

“Sekarang sudah normal dan tidak ada kendala berarti. Kami terus genjot target pencetakan e-KTP hingga 100 persen,” imbuhnya.

Kekosongan kepingan e-KTP dan blanko terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. (Sg)

Tinggalkan Komentar