Panen Perdana Ikan di Embaloh Hilir

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Warga Desa Embaloh Hilir, Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu menggelar acara panen ikan perdana di Danau Baru, Desa Nanga Embaloh, Kamis (4/5) kemarin.

Panen perdana tersebut diikuti kurang lebih 100 orang masyarakat desa Nanga Embaloh beserta beberapa perangkat desanya, dari anggota Polsek Kecamatan Embaloh Hilir guna pengamanan dan monitoring serta 13 orang dari Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir.

“Ketiga belas warga Tembang tersebut sengaja kita datangkan untuk membantu kami dalam memanen ikan di danau,” kata Burhanuddin, Kepala Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir.

Baca Juga :  Sambut Ramadhan, Komunitas Motor Kapuas Hulu Gelar Baksos

“Pada tahun 2016 lalu, kita pernah melakukan panen ikan seperti ini, namun hasilnya belum memuaskan yang dikarenakan kami belum berpengalaman cara memanen ikan menggunakan jaring besar di danau yang biasa disebut pukat jermal,” timpal pria yang akrab disapa Aan ini.

Aan melanjutkan, dengan bantuan kawan-kawan nelayan dari Tembang yang memang sudah berpengalaman dan terlatih. “Alhamdulillah panen ikan yang kita laksanakan hasilnya sangat memuaskan. Terima kasih telah menngajari dan membantu kami dalam memanen ikannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Sampan Membawa Rombongan Anak TK Desa Nanga Lungu, Karam di Sungai Ensilat

Aan menjelaskan bahwa dalam kegiatan panen ikan tersebut ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, diantaranya tim panen ikan harus sudah memasang pukat jermal di danau Baru terlebih dahulu pada pukul 04.00 WIB dini hari, kemudian pada pukul 07.00 WIB tim panen baru melakukan pengangkatan pukat jermal untuk mengambil hasil tangkapannya dan langsung dimasukkan kedalam perahu,” jelasnya. (Ishaq)

Comment