Bupati Sintang Menghadiri Lomba Cipta Menu B2SA

Bupati Sintang, jarot Winarno Saat melihat Karya Ibu-Ibu dalam Lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, jarot Winarno Saat melihat Karya Ibu-Ibu dalam Lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M. Med.Ph bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Yasinta Askiman menghadiri lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten Sintang tahun 2017 yang diadakan di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Rabu (03/05/2017).

Ketika memasuki pendopo, Bupati langsung menuju meja-meja saji yang telah ditata oleh para peserta. Beliau mencicipi hidangan-hidangan unggulan di setiap meja dan memuji serta menanyakan bahan baku lokal yang digunakan.

“Kecamatan yang tidak ikut, Tempunak, Kayan Hilir dan Binjai. Potensi produk olahan non beras di masing-masing kecamatan sebenarnya banyak ya, “kata Bupati sebelum menyampaikan sambutannya. Beliau kemudian melanjutkan bahwa keberadaan upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang berbasis sumber daya lokal merupakan kerjasama yang terintegrasi antara pemerintah dan masyarakat. “melalu implementasi kegiatan ini, salah satunya dengan mewujudkan optimalisasi pekarangan melalui konsep kawasan rumah pangan lestari dan membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam di lingkungan rumah tangga,” kata dr. Jarot.

“kegiatan ini sangat positif karena dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dalam membuat menu makanan keluarga sekaligus meningkatkan mutu kesehatan keluarga secara lebih ekonomis,” kata dr. Jarot. Pada kesempatan ini, Buapti juga menghimbau kepada instansi terkait untuk mendukung kegiatan sejenis. “kita upayakan penyebarluasan ilmu dan ajang lomba ini juga mengenai ajakan untuk memanfaatkan pangan lokal sebagi sumber gizi keluarga kepada masyakarat melalui penyebarluasan informasi dengan menggunakan media yang ada,”pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. Peserta acara kelompok organisasi wanita kecamatan. Kali ini kegiatan diikuti oleh perwakilan dari 11 kecamatan. Sebagai juara pada lomba cipta menu makanan beragam, bergizi, sehat dan aman tahun 2017, diraih oleh kecamtan Dedai. Posisi kedua kecamatan Kelam Permai dan posisi ketiga Kecamatan Sintang. Pemenang lomba akan diikutsertakan dalam lomba serupa pada tingkat provinsi dibulan Mei di Kayong Utara.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam penerapan pengolahan menu yang beragam di lingkungan masyakarat juga untuk menjaga kelestarian bahan pangan lokal,” Ketua tim Penggerak PKK. “ini juga merupakan media bagi ibu-ibu di daerah untuk berkreativitas dalam mengolah makanan berbahan baku lokal yang ada di sekitar rumah kita,” kata Yasinta Askiman.
Turut hadir dalam acara ini, sejumlah SKPD terkait dan tokoh dari berbagai oragnisasi wanita yang ada di Kabupaten Sintang.(Sg)

 

 

Tinggalkan Komentar