Bupati Sintang Menghadiri Acara HKG PKK ke-45

Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diadakan di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diadakan di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M. Med.Ph bersama Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, SE.,M.Si menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang diadakan di Pendopo Komplek Rumah Dinas Bupati Sintang, Kamis (04/05/2017). Bupati Sintang terlebih dahulu meninjau berbagai produk unggulan kecamatan yang di pajangan disekitar area Pendopo. “saya cukup dekat dengan gerakan PKK karena dulu sempat menjadi pendamping di TP PKK Ketungau Hilir ketika saya masih bertugas disana dulu, saya juga masih ingat syair lagu marsnya PKK, lho,“ kata Bupati disambut riuh ibu-ibu PKK yang hadir.

Menurut Bupati perwujudan program pokok PKK haruslah dipacu lagi. “karena masalah yang kita hadapi semakin kompleks akibat globalisasi dan narkoba, selain itu keluarga merupakan benteng utama dalam menyiapkan generasi muda yang sehat dan cerdas,” kata dr. Jarot dalam sambutannya. “untuk itu pengurus TP PKK harus memiliki komitmen dan kompetensi, komunikasi sekaligus mampu membangun sinergi dengan instansi dan organisasi lain yang ada,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan harapannya agar PKK kabupaten Sintang dapat semakin adaptif dan responsif dalam menyikapi perubahan dan kondisi yang ada dilingkungannya. “misalnya PKK Sintang ini, membuat kegiatan urban farming dilingkungan masing-masing,” kata dr. Jarot. “saya juga ingin melihat gerakan PKK menjadi salah satu ujung tombak dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah Sintang,” tambahnya.

Ketua panitia kegiatan, Hj. Prihartati menyampaikan bahwa kegiatan ini sejogyanya kegaitan ini dilakukan pada tanggal 4 Maret. “namun karena beberapa hal baru dapat kami laksanakan pada hari ini,” katanya. Kegiatan ini merupakan upaya memasyarakatkan gerakan PKK. “kegiatan ini juga untuk memotivasi keterlibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan PKK,” terang Prihartati Kegiatan ini mengangkat tema, ‘dengan HKG PKK ke-45 tahun 2017 kita lakukan akselerasi program-program PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK’. Sebagai rangkaian kegiatan ini, panitia menyelenggarakan beberapa kegiatan, lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman tingkat kabupaten, melaksanakna lomba produk unggulan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang. “selain itu kami juga memberikan penghargaan kepada para tokoh lansia PKK sebagai bentuk apresiasi atas karya dan sumbangsih mereka di PKK Kabupaten Sintang,” papar Prihartati lagi. Pelaksanan kegiatan juga bekerjasama dengan instansi-instansi terkait.

Pada kesempatan ini, Yasinta Askiman selaku ketua tim penggerak PKK Kabupaten Sintang menyampaikan sambutan dari Ketua Umum Tim Penggerak PKK Indonesia, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. “semangat dan motivasi TP PKK harus terus dan tetap dijaga, karena kita merupakan insan relawan yang mengabdikan diri untuk kepentingan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan,” katanya. “diharapkan para pengurus tim penggerak PKK secara berjenjang mampu menyusun program-program yang menunjang percepatan dalam terwujudnya program pokok pkk,” kata Yasinta Askiman. “salah satunya dengan mengurangi kegiatan yang bersifat seremonial, lebih fokus pada kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kita bekerja nyata,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara ini, wakil ketua DPRD Terry Ibrahim, sejumlah pimpinan Forkopimda dan SKPD di lingkungan Pemda Sintang. Perayaan ini juga dihadiri oleh perwakilan berbagai organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sintang.(Sg)

Tinggalkan Komentar