Budaya B2SA Menuju SDM Produktif

KalbarOnline, KubuRaya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan keberhasilan dalam proses pembentukan sumber daya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan.

Menurutnya, perbaikan pola konsumsi melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif.

“Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hdup masyarakat,” ujar Rusman Ali, Jumat (5/5).

Baca Juga :  Serius Tangani Stunting, TP PKK Kalbar Kick Off Program Sinita Penjaga Ibu Jari di Posyandu

Disamping itu, konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani, dan kacang-kacangan masih rendah sehingga perlu ditingkatkan. Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA.

“Upaya tersebut tidak mudah karena terkait dengan perilaku masyarakat sehingga perlu melibatkan pemangku kepentingan terkait,” terang Rusman Ali.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Pembangunan Masjid Nurul Mu'minin Parit Keladi Dimulai

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan B2SA, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kubu Raya  menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Kubu Raya dengan peserta dari Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya/sembilan Kecamatan.

Penyelenggara Lomba Cipta Menu (LCM) B2SA di laksanakan pada tanggal 5-5-2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. (Ian)

Comment