Misa Perdana 3 Orang Pastor Setelah Dilaksanakannya Pentahbisan

Suasana Penyambutan 3 Pastor Yang Akan Melakukan Misa Perdananya Usai Dilaksanakan Pentahbisan (Foto: Leo/Kornelis)
Suasana Penyambutan 3 Pastor Yang Akan Melakukan Misa Perdananya Usai Dilaksanakan Pentahbisan (Foto: Leo/Kornelis)

KalbarOnline, Sanggau – Desa Balai Sebut, Kecamatan Jangkang menggelar kegiatan misa perdana yang dilakukan di Gereja Santo Kristoporus di kedesaan Sape tepatnya di SP4 Dusun Suka Bhakti yang berlangsung dengan dengan meriah, sebelum memasuki gedung gereja 3 (tiga) Pastor  disambut dengan tari-tarian dan pengalungan bunga dan melakukan pemancungan buluh muda.

Setelah selesai prosesi tersebut baru memasuki gereja dan kegiatan misa tersebut berlangsung dengan hikmat dihadiri ratusan umat katolik yang datang untuk mengikuti misa tersebut.

Tiga pastor yang sudah ditahbis dan melakukan misa perdananya yaitu, Aloysius Anong, OFM Cap., Yousua Boston Sitinjak,OFM Cap., Jeneripitus,OFM Cap, turut dihadiri pula dalam misa tersebut Camat Jangkang, Forkopimka Kecamatan Jangkang, serta anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Susana, beserta tamu undangan dan tokoh masyarakat yang ada di Seluruh Paroki Kecamatan Jangkang.

Pastor Paroki Jangkang, Reinardus Randang ,OFM Cap mengatakan megenai kegiatan puncak misa perdana ini berjalan dengan baik karena kegiatan ini dipersipakan kurang lebih tiga bulan.

“Terimakasih kepada semua pihak dan umat yang telah terlibat,” ujarnya.

“Dengan kegiatan ini saya berharap dan berpesan bahwa untuk pastor yang telah ditahbis dan melakukan misa perdana ini sadar bahwa dirinya mulai saat ini adalah milik semua orang dan seluruh umat,” timpalnya

Sementara Ketua Panita, Logen dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas berlangsungnya kegiatan misa dengan lancar   dan menyambut baik serta mengucapkan terimakasih kepada donator serta partisipasi semua umat seluruh Kecamatan Jangkang.

“Atas bantuanya dan kepada tim Singa Depok juga yang telah membantu memeriahkan kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan lancar, dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada panitia yang telah berkerja keras dalam mempersiapakan acara ini,” ujarnya.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya anak muda putra daerah yang ada disini merasa terpanggil melihat misa perdana ini dan berharap ada yang mengikuti jejak seperti tiga orang pastor tersebut,” timpalnya.

Sementara Camat Jangkang, Eduardus Evald yang sekaligus mewakili Bupati Sanggau, Paolus Hadi, menyampaikan permohonan maaf, dikarenakan Bupati berhalangan hadir, dikarenakan ada agenda yang tidak bisa untuk ditinggalkan.

“Saya menyampaikan permohonan maaf Bapak Bupati Sanggau bahwa tidak dapat hadir pada hari ini juga beliau menghadiri paskah bersama di Paroki Sanggau,” ujarnya.

“Tadi telah kita laksanakan misa perdana tiga pastor, perlu kita ketahui bahwa perayaan ekaristi ini merupakan persembahan yang harus dilaksanakan apabila seorang imam sudah ditahbiskan, pesan saya kepada tiga pastor ini dapat terus menjadi imam sampai akhir hayatnya,” tukasnya.

Sementara salah seorang pastor yang telah ditahbis dan yang melakukan misa perdananya yakni pastor Yousua Boston Sitinjak,OFM Cap mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan semeriah ini.

“Karna mengingat di stasi ini hanya memiliki hanya 40 KK, saya sangat kagum dan saya berharap umat yang ada di tempat ini tetap bersatu dan bisa berkembang walupun umat disini merupakan umat yang minoritas dan semoga dapat menjadi terang dan garam di sekitar Gereja ditempat ini, sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlah terlibat dalam kegiatan Ini,” ujarnya gembira.

Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan, misa perdana tersebut diisi dengan acara bebas dan makan siang dan seluruh umat yang hadir dihibur oleh tim band dari Paroki Jangkang. (Kornelis/Leo)

Tinggalkan Komentar