Pemkab Sekadau Sudah Anggarkan Pembangunan Jalan di Belitang

Wabup: Hanya Masih Dalam Tahapan

KalbarOnline, Sekadau – Sejumlah titik jalan di Sekadau yang rusak membuat Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si, angkat bicara.

Menurut Wabup Aloysius, kondisi jalan yang rusak tersebut diperparah dengan musim hujan. Dirinya juga tidak menampik banyaknya keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan yang rusak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab), lanjutnya, telah menganggarkan untuk pembangunan jalan di Belitang dan pembangunan itu akan dilakukan secara bertahap.

Dirinya juga mengharapkan pihak perusahaan untuk turut serta memperbaiki kondisi jalan yang rusak tersebut sehingga arus transportasi berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Polres Sekadau Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penemuan Kerangka Manusia

Wabup mengatakan bahwa pemerintah sangat berkomitmen untuk terus membangun salah satunya infrastruktur jalan, dan untuk ruas jalan di Belitang tahun ini juga telah dianggarkan.

“Hanya masih dalam tahapan, baik masa pelelangan, ini dan segala macamnya,” ujarnya.

Orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini menuturkan bahwa mengenai ruas jalan Belitang, satu diantaranya di Muntik. Pihaknya juga telah meminta perusahaan untuk memperbaikinya.

“Karena kondisi cuaca, kondisi alam dan angkutan yang luar biasa, contohnya sawit tiap hari dilalui, kekuatan jalan tidak bertahan. Tidak sesuai dengan muatan yang ada,” tuturnya.

Baca Juga :  Jalan Nasional di Sekadau Sudah Mulai Diperbaiki, Bupati: Terima Kasih Pemprov Kalbar

Menurutnya, perusahaan juga telah memperbaiki ruas jalan yang mengalami rusak parah.

“Terkait jalan, kalau minta masyarakat bersabar, mereka sudah lama bersabar. Tapi bagaimana masyarakat juga ikut memeliharanya, termasuk angkutan jangan membawa beban berlebih, kekuatan jalan hanya 8 ton, kalau bawa muatan hingga 10 ton habis lah,” jelasnya.

Wabup menegaskan pemerintah telah menganggarkan untuk pembangunan jalan. Namun secara bertahap pemerintah akan membenahi jalan hingga ke kecamatan-kecamatan sehingga aksesnya menjadi lebih baik.

“Nantinya bagaimana masyarakat menjaga sarana transportasi,” pungkasnya. (Mus)

Comment