Categories: Pontianak

Sutarmidji Sebut Persoalan Emansipasi Tuntas

KalbarOnline, Pontianak – Saat ini kesetaraan gender dalam tugas, fungsi dan profesi semestinya tidak lagi menjadi perdebatan. Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyatakan bahwa persoalan emansipasi sudah tuntas. Perempuan kini bisa bersaing dengan laki-laki di berbagai bidang.

“Makanya di bidang politik juga, perempuan jangan ada cerita merengek minta jatah 30 persen. Harusnya itu berkembang, tidak ada lagi dalam undangan-undang, perempuan harus sekian persen,” katanya saat peringatan Hari Kartini di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (20/4/2017).

Perempuan di Pontianak terbukti hebat-hebat. Dirinya juga menjabarkan bahwa lebih dari setengah pejabat di Pontianak merupakan perempuan. Di kalangan eselon IV, jumlahnya lebih dari 60 persen. Di eselon III berimbang, dan eselon II kurang lebih 40 persen.

“Tapi sebenarnya saya tidak sependapat kalau perempuan itu diberi jatah dengan persentase. Kalau saya maunya, kalau dia mampu, semua pun tidak apa. Buktinya di Kelurahan Akcaya semuanya perempuan dan muda-muda,” imbuhnya yakin.

Perempuan pejabat publik itu pun bukan tanpa prestasi. Lihat saja di Dinas Perhubungan, Satpol-PP, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perpustakaan, dan lainnya. Dinas-dinas tersebut mendapat penghargaan di tingkat nasional. Di kota pun, apa yang jadi tugas mereka, berjalan baik.

“Perempuan bisa diandalkan untuk memberikan layanan publik terbaik dalam segala hal,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap perempuan Pontianak tidak keluar dari jati diri dengan akar budaya Indonesia. Kreativitas adalah baik, tapi budaya Indonesia harus dipegang betul.

“Saya lihat dari yang muda mulai tidak meninggalkan akar budaya dari kreatif dan mempertahankan budaya,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Wujud Kepedulian KSAD, Kodim Putussibau Bagikan Ransum dan Imukal TNI Untuk Pemenuhan Gizi Prajurit

KalbarOnline, Putussibau - Staf Logistik Kodim 1206/Putussibau membagikan susu imukal dalam rangka pemenuhan gizi prajurit,…

5 hours ago

Propam Polda Kalbar Lakukan Pembinaan Etika Profesi Polri di Polres Kapuas Hulu

KalbarOnline, Putussibau - Bidang  Propam Polda Kalbar melakukan pembinaan kepada personel Polres Kapuas Hulu, terutama…

5 hours ago

Wastra Unggulan Kalbar Diborong Istri-istri Menteri pada Peringatan HUT Dekranas di Kota Solo

KalbarOnline, Pontianak - Wastra Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mampu menarik perhatian anggota Organisasi Aksi Solidaritas…

5 hours ago

Daftar Cawagub Kalbar di PPP, Budi Perasetiyono: Kembali ke Rumah

KalbarOnline.com - Budi Perasetiyono terus menunjukkan keseriusannya dalam kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar…

5 hours ago

Bejat! Delapan Pria di Suhaid Setubuhi Gadis 15 Tahun Secara Bergiliran

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Delapan pria di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melakukan…

7 hours ago

Dekranasda Kapuas Hulu Juara Harapan 2 Parade Mobil Hias Tingkat Nasional

KalbarOnline, Solo - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Ketua Dekranasda Kapuas Hulu, Angeline Fremalco…

8 hours ago