Kompetisi Tak Melulu Soal Juara, Bupati: Banyak Hal Positif Yang Dapat Dipetik

Pembinaan Karakter dan Percaya Diri Anak

KalbarOnline, Sekadau – Pertandingan tak hanya untuk menghasilkan juara semata. Proses tersebut harus mampu menjadi pelajaran atau memberikan multiplier effects yang dapat meningkatkan pendidikan karakter, budi pekerti dan berwawasan.

Pemerintah Kabupaten Sekadau pun memiliki target yaitu bisa menjadi juara, apapun bidangnya baik itu seni maupun olahraga. Apalagi, prestasi yang pernah diraih tak hanya di tingkat provinsi atau pusat saja, melainkan sudah kepada tingkat internasional.

Diungkapkan Bupati Sekadau, Rupinus SH., M.Si, yang paling penting tidak hanya menjadi juara semata. Menurutnya, banyak hal positif lainnya yang bisa dipetik yaitu pembinaan karakter percaya diri dan lain sebagainya.

“Kalau juara tidak hanya dikirim ke provinsi saja, tapi lebih luas daripada itu. Mudah-mudahan lebih baik lagi,” ujarnya saat ditemui usai membuka kegiatan FLS2N dan O2SN di Lapangan EJ Lantu, Kota Sekadau, Selasa (20/4).

Baca Juga :  Malang, Bocah Kelas 1 SD di Sekadau Alami Tumor di Tulang Kaki

Untuk itu, lanjut Bupati, pihaknya juga meminta Cabang Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah lebih banyak lagi mengirimkan utusannya. Sebab, kata dia, untuk operasional kontingen pihak sekolah bisa menggunakan dana biaya operasional sekolah (BOS).

“Kalau target, menang. Secara spesifiknya nanti akan dilihat dari hasil kompetisi ini, nanti akan dibina dan dikarantina sebelum dibawa ke provinsi, targetnya di bidang apapun juara baik olahraga maupun seni,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Djemain Burhan berharap setiap tahun kegiatan itu semkain baik lagi. Ia juga menyadari masih ada beberapa kecamatan yang pelaksanaannya belum meriah.

“Saya menginstruksikan agar tahun-tahun berikutnya di kecamatan lebih meriah juga,” ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, setiap tahunnya perwakilan Kabupaten Sekadau menyabet gelar juara, baik itu tingkat provinsi hingga pusat. Bahkan, kata dia, di bidang seni juga pernah ke tingkat internasional.

“Kalau olahraga sudah beberapa kali ke tingkat pusat. Harapannya tentu setiap tahun semakin baik lagi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Polisi Siap Amankan Tahapan Kampanye Pilkada Sekadau 2020

“Tidak hanya mencari juara saja, tapi juara sejati sportif. Wasit yang benar supaya hasilnya lebih baik, jadi sebenarnya latihan bagi pendidikan karakter anak,” timpalnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Gelinus menuturkan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menjaring siswa yang memiliki kemampuan dan bakat dibidangnya masing-masing. Tentunya, kata dia, setelah seleksi di tingkat kabupaten nantinya siswa akan di seleksi lagi di tingkat provinsi.

“Kegiatan festival dan lomba seni siswa nasional (FLS2N) dan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) ditingkat SD dan SMP dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau,” tandasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Pjs Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo, Forkopimda Kabupaten Sekadau, Asisten dan Staf Ahli serta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sekadau. (Mus)

Comment