Sutarmidji Harapkan PKK Pontianak Lebih Berinovasi dalam Menjalankan Program

Ketua PKK Pontianak: Jadikan PKK Lebih Produktif

KalbarOnline, Pontianak – Pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 tahun 2017, Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengharapkan para kader PKK Kota Pontianak mampu berinovasi dalam menjalankan program.

“Kita harap para kader PKK mampu berinovasi, semoga kedepan PKK Kota Pontianak semakin baik,” ujarnya pada Peringatan HKG PKK 45 di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Selasa (11/4).

Saat ini sudah genap 45 tahun PKK ada di Indonesia. Kehadirannya dinilai sangat penting dalam membantu program pembangunan daerah.

Dalam sambutannya, Sutarmidji mengatakan bahwa tidak hanya soal kesejahteraan keluarga, tapi juga kesehatan dan pendidikan serta perilaku yang saling menghargai dan tolong-menolong.

Semua itu terangkum dalam 10 program pokok PKK yang dibagi dalam empat Pokja. Melakukan pembinaan sama ke dasa wisma, lingkup paling dasar kehidupan bermasyarakat. Ada sejak tahun 1972, nyatanya PKK bukan sekadar berkumpul anjangsana.

Baca Juga :  Sutarmidji Tantang Ombudsman RI Buat Surat Rekomendasi Pembayaran Kompensasi Korban Dermaga Sambas, Berani?

Terlebih lagi di Pontianak, beragam prestasi telah diraih. Yang paling dekat, PKK Kelurahan Pal V nantinya akan mewakili Kalbar dalam penilaian Posko Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ke tingkat nasional.

Sebelumnya kelurahan lain juga pernah ikut bersaing bahkan menjadi juara. Misalnya saja Pelaksana Terbaik Pencegahan KDRT tahun 2010 di Kelurahan Siantan Hilir, Pelaksana Terbaik Rumah Tangga Ber-PHBS tahun 2012 oleh Kelurahan Parit Tokaya, Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Hasil TOGA tahun 2013 dan Pelaksana Terbaik Posyandu tahun 2014 di Kelurahan Darat Sekip, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Sehat tahun 2015 di Kelurahan Sungai Jawi Dalam, dan Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK tahun 2016 di Kelurahan Banjar Serasan.

Baca Juga :  Jadikan Kelurahan di Pontianak Pilot Projek Vaksinasi Covid: Kejar Herd Immunity

Sementara Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji berharap di Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 kali ini setiap kelompok PKK makin berinovasi.

“Semoga semakin produktif dan menjadi semakin baik,” ujarnya.

Selama ini di semua kelurahan di Pontianak, sudah terbentuk kader PKK. Tak hanya menjalankan program dari pemerintah, Lismaryani juga berharap tataran kelurahan bisa merumuskan program yang berkembang. Tidak terbelenggu dengan program rutinitas.

“Kita berharap PKK Pontianak bisa lebih baik lagi dan bisa mendapatkan penghargaan lagi dari pusat, serta PKK semakin jaya,” pungkasnya. (Fat/Fai)

Comment