KM Rokan Permai Tabrak Kapal Tanker di Perairan Sungai Kapuas

KalbarOnline, Mempawah – Kapal tangker Samudra Biru 168 dari arah Jakarta menuju Depot Pertamina Pontianak terbakar. Kapal bermuatan BBM Jenis Pertalite dan Pertamax itu ditabrak kapal cargo KM Rokan Permai di alur Sungai Kapuas Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (7/5) sekitar pukul 00.30 WIB.

Kecelakaan di perairan ini diduga KMR Rokan Permai bermuatan kernel itudiduga tidak berfungsinya kemudi KM Rokan sehingga menabrak kapal Samudera Biru.

“Akibat tabrakan tersebut, kapal tanker terbakar,” ungkap Dir Polair Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi Rasad saat ditemui wartawan, Jumat siang.

Baca Juga :  Tim Dayung Lumba Kapuas Harumkan Nama Sekadau di Tingkat Provinsi

Berdasarkan keterangan nahkoda KM Rokan Permai, peristiwa tabrakan tersebut terjadi berawal dari tidak berfungsinya kemudi kapal. Sehingga kapal mengarah ke kanan menuju arah muara dan dari arah berlawanan ada kapal tanker.

Baca Juga :  Rayakan HUT PDIP dan Megawati, Kader Banteng Hijaukan Taman Teratai Mempawah

“Karena jarak yang sudah terlalu dekat, sehingga tidak dapat dihindari dan terjadi tabrakan tersebut,” tuturnya.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih mendalami peristiwa tabrakan ini.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah kali ini. Semua anak buah kapal dapat dievakuasi oleh anggota kepolisian. Kapal Tanker saat itu mengangkut 22 orang sementara kapal kernel mengangkut 16 orang. (Fai/AkcayaNews)

Comment