Program TMMD Reguler ke 98 Bangun Akses Jalan di Dua Desa dan Satu Dusun di Bunut Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 98 tahun 2017 Kodim 1206/Putussibau yakni membangun akses jalan dari Desa Nanga Suruk menuju Dusun Muncin, Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu.

“Panjang ruas jalan yang dibangun pada program TMMD Reguler ke 98 tahun ini sekitar lebih kurang 10,5 Kilometer dengan lebar 8 meter,” ujar Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf M Ibnu Subroto kepada wartawan usai upacara pembukaan TMMD di Desa Nanga Suruk, Kecamatan Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Rabu (5/4) kemarin.

Lebih lanjut Dandim Ibnu menuturkan bahwa program TMMD ini merupakan program atas permintaan masyarakat Desa, sebab warga setempat, katanya, mengusulkan agar dibangun akses jalan dari Desa Nanga Suruk menuju Dusun Muncin.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Targetkan Pelayanan Publik Kapuas Hulu Masuk 5 Besar Nasional

“Yang mana sebelumnya harus melewati jalan lintas selatan dengan jarak tempuh sekitar 25 Kilometer, namun dengan dibangunnya akses jalan ini hanya berjarak 9 Kilometer saja,” tuturnya.

Dengan dibangunnya akses jalan tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air bersih, karena sebelumnya masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Sebab pipanya terlalu jauh dan memutar ke arah lintas selatan, itupun banyak oknum yang mencuri pipa sehingga air tidak sampai ke desa Nanga Suruk,” ungkapnya.

Pelaksanaan TMMD tersebut, ditambahkan Dandim, melibatkan 150 Personil baik dari TNI, Polri dan Pemda serta masyarakat setempat. Selain kegiatan fisik, juga dilaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan akan bahaya narkoba, penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan dan berbagai kegiatan pembinaan serta untuk menumbuh kembangkan budaya gotong-royong.

Baca Juga :  Pimpin Upacara 17-an Awal Tahun, Kasdim 1206/Putussibau Bacakan Amanat Panglima TNI

Ibnu menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ini dilakukan secara serentak pada dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yakni Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Bengkayang.

“Saya berharap dengan dibangunnya akses jalan ini semoga dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat kedepannya,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Riam Piyang, Alial sangat mengapresiasi program tersebut. Ia mengatakan dengan adanya program TMMD ini, masyarakat sangat diuntungkan, sebagai Kepala Desa, dirinya siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan TMMD ini bersama masyarakat di kedua desa tersebut.

“Dengan dibangunnya akses jalan ini, sehingga kami tidak jauh lagi mengurus administrasi ke kantor Kecamatan,” tuturnya.

Ia berharap semoga TNI semakin sukses dan jaya serta terus maju dan selalu bersinergi dengan masyarakat dalam pembangunan kedepannya. (Ishaq)

Comment